Berpetualang Seru Ke Air Terjun Tujuh Tingkat Di Padang Panjang

Kota Padang Panjang memiliki pesona yang luar biasa. Tidak hanya keberagaman wisata bahari, kuliner dan budayanya saja, namun kota ini juga masih menyimpan keunikan dan keindahan lainnya. Salah satunya Air Terjun Tujuh tingkat.

Air terjun ini memang memiliki tujuh tingkatan, sehingga tampak begitu menawan. Sayangnya masih banyak orang yang belum tahu keberadaannya, karena lokasinya yang ada di dalam hutan bukit barisan di Silaiang Bawah, Kota Padang Panjang Barat.

Nah, bagi anda yang sedang ingin seru-seruan di air terjun maka bisa mengunjungi objek wisata ini. Berikut kami berikan informasi lengkap terkait air terjun tujuh tingkat.

Akses Lokasi

Menyambangi lokasi Air Terjun Tujuh Tingkat sangatlah cocok bagi anda yang memiliki jiwa petualang. Kenapa? Walaupun lokasinya tidak terlalu sulit untuk diakses namun diperlukan kehati-hatian yang ekstra selama perjalanan ke sana. Ada dua jalur yang dapat ditempuh untuk pergi ke Air Terjun Tujuh Tingkat.

Jalur pertama diperuntukkan bagi anda yang ingin cepat sampai dilokasi namun tidak ingin melewati terlalu banyak medan yang menguji adrenalin, maka bisa memulai dari Pusat Kota Padang Panjang. Dari sana anda harus menuju gerbang Kota Padang Panjang dan berhenti dekat Jembatan Kembar. Apabila tidak membawa kendaraan pribadi, jangan khawatir banyak angkutan umum yang bisa membawa anda ke sana.

Apabila telah sampai di Jembatan Kembar, anda harus berjalan kaki dan menyebrangi sungai. Jika datang dibukan musim penghujan, aliran sungainya sangat bersih dan tenang, namun apabila sedang musim hujan arus sungai tersebut akan sangat deras. Sangat disarankan untuk membawa tali supaya tidak terbawa arus sungai.

Setelah berhasil menyebrang anda tinggal menelusuri tepian sungai dan nantinya akan bertemu Air Terjun Tujuh Tingkat.  Perjalanan dengan opsi jalur pertama ini membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 45 menit.

Nah, jalur kedua membutuhkan waktu yang lebih lama lagi untuk sampai ke Air Terjun Tujuh Tingkat yaitu sekitar 90 sampai 120 menit sehingga sangat cocok bagi anda yang suka berpetualang.

Anda akan melewati banyak bukit barisan serta dinding bukit yang cukup terjal dengan tingkat kemiringan mencapai 45 derajat. Disinilah adrenalin anda akan benar-benar diuji. Selama perjalanan tersebut anda akan ditemani kicauan burung dan dedaunan hijau pepohonan di hutan belantara, sehingga menambah indah suasana.

Keindahan Air Terjun Tujuh Tingkat


Suasana di Air Terjun Tujuh Tingkat ini masih sangat asri dan berhawa sejuk. Anda akan menjumpai banyak hewan pengerat, capung, kupu-kupu, bahkan monyet hutan.

Sayangnya sarana dan prasarana di tempat ini masih sangat minim seperti tidak adanya toilet dan tempat ganti. Selain supaya selama perjalanan atau ketika telah sampai anda tidak dehidrasi dan lapar. Maka jangan lupa membawa bekal minum dan makanan yang banyak,ya. Seru, kan, jika disantap rame-rame apalagi jika bersama banyak teman.


Air terjunnya disana begitu jernih dan dingin.  Saat anda menyentuhnya pasti bergidik karena saking dinginnya. Brrr …!

Namun setelah bertualang tadi anda yang mengalami mandi keringat bisa segera menyegarkan kembali badan dengan mandi di air terjun ini. Banyak sekali spot foto yang bisa dibidik seperti berfoto sambil ciprat-cipratan air, berdiri atau duduk diatas bebatuan.

Air terjun ini setiap tingkatannya memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Ketinggian air terjun tingkat satu dan dua kurang lebih sekitar 15-20 meter. Sementara air terjun ketiga memiliki lebar yang lebih luas namun dengan ketinggian 8-10 meter. Nah, jika anda ingin melihat air terjun tingkatan selanjutnya maka harus melewati kembali sedikit perbukitan dan menuruni ngarai yang curam.

Ketika telah sampai anda akan melihat sebuah keunikan pada tingkatan air terjun keempat karena dialiri dua air terjun sekaligus. Ketinggianya sekitar 20 meter. Air terjun kelima berada tepat di sebelah air terjun keempat. Ketinggiannya 25 meter. Paling tinggi diantara tingkatan  yang lainnya.

Air terjun keenam mempunyai tebing yang cukup datar sehingga dapat digunakan juga untuk olahraga turun tebing. Nah, untuk menuju ke air terjun tingkatan terakhir ini jaraknya sekitar 10 meter.

Pantangan Selama Perjalanan

Berpetualang Seru Ke Air Terjun Tujuh Tingkat Di Padang Panjang

Sst.. hutan belantara yang akan anda lalui menuju Air Terjun Tujuh Tingkt ternyata kental dengan hal mistis, loh. Banyak pantangan yang tidak boleh anda lakukan disana. Diantaranya dilarang mengucapkan kata-kata kotor, sumpah serapah atau dalam bahasa Minang dikenal juga dengan sebutan bacaurik. Masyarakat disana meyakini bahwa di kawasan hutan tersebut mempunyai kehidupan lain. Mereka tidak ingin diganggu dan tidak mengiginkan kehadiran manusia.

Walaupun keindahan hutan membuat anda terpana, tapi disana tidak boleh tertawa terlalu girang sebab akan dianggap mengganggu. Pembahasan ini kian mencuat setelah muncul banyak orang yang melanggar pantangan dan tidak pernah kembali dari hutan.

Selain itu, jam kunjungan pun juga dibatasi sampai pukul 5 sore saja. pemandu juga akan meminta anda untuk segera pulang sekitar pukul setengah 4, dan anda juga harus menghentikan kegiatan sejenak ketika jam sudah menunjukkan pukul 12 siang.

Demikianlah ulasan tentang Air Terjun Tujuh Tingkat di Kota Padang Panjang. Banyak pengalaman seru yang bisa anda peroleh sebelum, saat dan sesudah dari sana sehingga petualangan pun terasa sangat berkesan. Semoga bermanfaat bagi anda, dan sampai bertemu pada pembahasan menarik berikutnya.

Terima kasih telah membaca artikel

Berpetualang Seru Ke Air Terjun Tujuh Tingkat Di Padang Panjang