Berapa Waktu yang Harus Dihabiskan untuk Bermain Online?

Informasi Menarik – Karena hampir semuanya ditutup, dibatalkan, atau ditunda, kita tidak memiliki apa-apa selain menghibur diri menggunakan internet. Untuk gamer, lockdown adalah kesempatan untuk menghabiskan lebih banyak waktu mengasah keterampilan mereka. Tetapi apakah Anda bertanya pada diri sendiri berapa banyak waktu Anda harus dihabiskan untuk bermain online? Apakah menghabiskan lebih banyak waktu bermain game bisa bermanfaat? Atau perlahan-lahan mengurangi kemampuan Anda untuk hidup dalam kenyataan?

Untuk non-gamer, video game mungkin tampak seperti buang-buang waktu. Tetapi sekarang kita berada di era diri yang terkuantifikasi. Dimana manusia giat menggunakan teknologi untuk melacak dan mengoptimalkan diri mereka sendiri. Bahkan mereka yang menganggap diri mereka pemain hardcore mungkin merasa bersalah karena menjadi sloth yang tidak produktif dari kelompok itu.

Meski ya, ada manfaatnya bermain video game. Bahkan, itu dapat membantu memenuhi kebutuhan psikologis mendasar. Teori menyatakan bahwa manusia memiliki tiga kebutuhan psikologis:

  • Otonomi, yang berkaitan dengan perasaan bahwa Anda memiliki pilihan dan bahwa Anda memiliki kemampuan untuk mengejar tujuan yang bermakna
  • Kompetensi, yang semuanya tentang perasaan mampu dan efektif ketika datang untuk mengatasi rintangan dalam hidup; dan
  • Keterkaitan, yang merupakan cara Anda terhubung dengan orang lain.

Ketika Anda memuaskan ketiganya, pada dasarnya Anda menjadi diri Anda yang lebih baik. Dengan asumsi terjebak di rumah membuat Anda tidak bahagia, itu salah satu kebutuhan psikologis Anda yang perlu diperhatikan. Misalnya, Anda kehilangan rasa otonomi karena Anda terpaksa menjauhkan diri dari orang lain dan kegiatan Anda yang biasa pada dasarnya terputus.



Berapa Banyak Waktu yang Harus Dihabiskan untuk Bermain Online

Memainkan video game dapat membantu mengisi kekosongan ini, meskipun tidak sepenuhnya. Namun, itu mengurangi perasaan kesepian karena, paling tidak, Anda bisa bersosialisasi dengan pemain lain atau membebaskan pikiran Anda dari kebosanan.

Orang tua dari anak-anak perlu membatasi waktu untuk anak-anak mereka. Sekitar satu hingga dua jam waktu permainan seharusnya cukup. Tetapi untuk anak yang lebih besar, orang tua harus bisa menentukan jumlah waktu yang tepat.

Untuk orang dewasa, cukup sulit untuk menyepakati berapa banyak game yang terlalu banyak. Tetapi jawabannya cenderung kurang berkaitan dengan jam yang dihabiskan untuk bermain game. Orang dewasa seharusnya lebih fokus pada kesadaran mereka untuk menjadi kecanduan video game. Namun, apa yang bisa kita sepakati bersama adalah cukup tidur, berolahraga, dan mengonsumsi makanan dan minuman sehat. Semua ini baik untuk kesehatan mental Anda.

Kehidupan dalam kuncian dapat merugikan kita semua. Jadi jika Anda belum mulai bermain game, cobalah untuk memenuhi kebutuhan psikologis Anda. Jika Anda sudah menjadi seorang gamer, satu-satunya cara untuk tidak merasa bersalah adalah dengan terus melakukannya secara tidak berlebihan.