Begini Teknik Mencuci Mobil yang Benar, Mulai dari Bawah

Artikel Oto – Setiap orang pasti ingin kendaraannya tetap bersih. Kendaraan yang bersih tentu membuat pengalaman berkendara semakin nyaman. Oleh karena itu, mencuci mobil sangat penting untuk dilakukan. Kegiatan mencuci mobil bisa dilakukan ke salon kendaraan atau sendiri. Meskipun sepele, mencuci mobil harus dilakukan dengan benar. Teknik mencuci mobil yang salah dapat berdampak buruk pada kendaraan. Pemilik mobil perlu mengetahui cara mencuci mobil yang benar.

Bersihkan Kaki-Kaki Mobil Terlebih Dahulu

Pemilik Ceria Car Wash Bintaro, Haiqal menyarankan untuk membersihkan bagian mobil yang paling kotor terlebih dahulu. Bagian tersebut antara lain adalah bagian kaki-kaki seperti velg, ban, dan kolong vender. Cuci bersih kaki-kaki mobil terlebih dahulu, kemudian bilas kembali menggunakan air bersih. Sediakan juga dua ember air agar kotoran yang sudah terangkat tidak tercampur kembali saat hendak mencuci mobil.

Baca Juga: Agar Tidak Kusam, Begini Cara Merawat Interior Warna Krem

Mencuci Bodi Mobil

Setelah mencuci bagian kaki-kaki, cucilah bagian bodi mobil. Siapkan wadah baru, air bersih, spons, dan shampoo mobil. Pastikan shampoo yang digunakan khusus untuk mobil agar tidak merusak cat mobil dan bagian eksterior lain. Bilas terlebih dahulu bodi mobil, bubuhkan shampoo, kemudian bilas kembali menggunakan air bersih. Untuk prosesnya, teknik mencuci mobil dimulai dari atap mobil, lalu turun ke sekeliling kaca. Kemudian bersihkan bagian tengah serta bawah bodi mobil. Penting untuk dicatat bahwa gerakan membersihkan mobil yang benar adalah gerakan dari atas ke bawah. Hindari membersihkan mobil dari bawah ke atas dan gerakan memutar. Hal ini dapat menyebabkan debu dan kotoran menyebar, bahkan dapat membuat bodi mobil baret.

Mengeringkan dan Memoles Bodi Mobil

Setelah mencuci bersih, tahap selanjutnya adalah mengeringkan mobil. Segera keringkan bodi mobil menggunakan lap chamois atau seringkali disebut sebagai kanebo. Hal ini untuk mencegah kerak dan jamur timbul akibat sisa air. Agar bodi mobil tetap mengkilap, pemilik mobil bisa menggunakan cairan wax. Penggunaan cairan ini juga dapat menjaga cat mobil dari cairan yang bersifat korosif.

Bersihkan Bagian Interior

Interior mobil merupakan bagian yang paling sering tersentuh tangan. Untuk itu, bersihkan interior mobil secara rutin. Gunakan lap dan juga cairan pembersih interior yang aman. Jika memiliki vacuum cleaner, jangan lupa menyedot debu yang ada di bagian interior, terutama bagian karpet dan kolong mobil.

Terima kasih telah membaca artikel

Begini Teknik Mencuci Mobil yang Benar, Mulai dari Bawah