‘Bebas’ dari Grab, Good Doctor Sekarang Punya Aplikasi Sendiri

Jakarta, – Jika Anda pengguna aplikasi Grab, mungkin pernah mengetahui layanan Good Doctor yang ada di menu GrabHealth. Nah sekarang, layanan tersebut sudah punya aplikasi mandiri.

Perusahaan penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi Good Doctor Technology Indonesia akhirnya resmi meluncurkan aplikasi sendiri sebagai bagian upaya dan komitmen guna memberikan kemudahan pelayanan kesehatan telemedis bagi keluarga Indonesia.

Good Doctor hadir sebagai aplikasi yang dapat menjadi pilihan dan solusi layanan kesehatan lengkap. Layanan yang tersedia mulai dari tanya jawab kesehatan secara daring (online) kapanpun dalam 24 jam, 7 hari bersama dokter-dokter dari 26 spesialisasi; e-commerce (perdagangan elektronik) untuk berbagai produk kesehatan dan kebugaran; janji medis di lebih dari seribu rumah sakit, laboratorium; serta berbagai konten mengenai kesehatan, dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter.

Sukses bermitra dengan Grab Indonesia dalam menghadirkan solusi layanan kesehatan, Good Doctor melanjutkan komitmennya dalam memberikan memajukan pelayanan kesehatan berbasis aplikasi serta membangun ekosistem digital di bidang kesehatan.

“Peluncuran aplikasi Good Doctor ini menjadi bukti nyata komitmen perusahaan untuk membantu penggunaan teknologi di bidang kesehatan yang dapat dimanfaatkan masyarakat di tengah tantangan pandemi sehingga dapat membantu pemerintah dalam mengatasi COVID-19. Semoga dengan adanya kegiatan ini, kita pun kembali diingatkan untuk tetap bisa melihat melihat hal-hal penting di sekitar kita seperti keluarga kita maupun para pejuang di garda depan” ungkap Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana.

Danu berharap aplikasi Good Doctor bisa memperluas akses kesehatan untuk masyarakat Indonesia yang lebih komprehensif.

“Layanan Good Doctor menghadirkan solusi layanan kesehatan lengkap selama 24 jam melalui fitur Konsultasi Kesehatan, layanan Pembelian Obat & Produk Kesehatan untuk pembelian dan pengantaran yang bermitra dengan lebih dari 2.000 apotek, kemudian Janji Medis yang telah bekerjasama dengan lebih dari 1.000 rumah sakit, klinik, serta laboratorium terkemuka dan Artikel Kesehatan, konten mengenai kesehatan, tips dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter,” paparnya.

‘Bebas’ dari Grab, Good Doctor Sekarang Punya Aplikasi Sendiri

Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D. menyampaikan, “Adanya pandemi membuat penurunan angka kunjungan ke rumah sakit, karena masyarakat takut berobat ke rumah sakit dan ke puskesmas. Pada tahun 2020, kunjungan masyarakat ke puskesmas mengalami penurunan sebesar 83,6%. Sekitar 43% puskesmas tidak menyelenggarakan posyandu, cakupan imunisasi oleh puskesmas mencapai sekitar 56,9%. Kehadiran Good Doctor selama masa pandemi ini, merupakan salah satu hal yang positif dan akan direspon oleh masyarakat. Model-model telemedis seperti yang diterapkan oleh Good Doctor ini akan terus berkembang, dan akan membuat pengobatan itu menjadi lebih praktis, lebih modern, dan akan lebih terdigitalisasi secara mudah. Sehingga, akses masyarakat ke dokter juga akan lebih baik.”

“Layanan telemedis dan konsultasi digital menjadi solusi alternatif bagi masyarakat untuk berobat di tengah situasi pandemi COVID-19 sekarang ini. Terkait upaya penguatan ekosistem telemedis yang lebih luas, Kominfo bekerja sama dengan “Good Doctor” dan “GrabHealth” telah meluncurkan fitur teledokter dan periksa kesehatan mandiri pada aplikasi PeduliLindungi pada akhir 2020. Semoga kolaborasi ini bisa terus kita tingkatkan dan untuk segera mewujudkan Indonesia yang pulih dalam kesehatan dan bangkit perekonomiannya,” ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mira Tayyiba.

Sebagai platform online kesehatan terpadu, Good Doctor memastikan semua orang bisa mendapatkan konsultasi kesehatan, serta informasi yang akurat langsung dari mitra dokter terpercaya. Beragam fitur yang akan dapat memudahkan masyarakat Good Doctor siap melayani berbagai kebutuhan terkait kesehatan pada segmen:

  • Para Orang Tua: Para orang tua mungkin memiliki kesulitan untuk mengelola kesehatan dan emosi anak mereka sendiri, terutama mengasuh anak yang membutuhkan perawatan kesehatan khusus dapat menjadi tantangan tersendiri. Good Doctor hadir sebagai solusi untuk meningkatkan kesehatan, dan keterampilan pengasuhan anak di keluarga Indonesia.
  • Ibu Hamil & Menyusui: Bagi keluarga yang sedang menantikan hadirnya anggota baru, mempersiapkan bayi selama masa pandemi mungkin sangat menegangkan, terutama pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan. Pengetahuan yang baik dari Good Doctor tentang makanan, dan perawatan yang tepat akan memberikan landasan bagi kehidupan yang baik.
  • Skin and Beauty Enthusiast: Industri kecantikan online di Indonesia telah berkembang pesat dan masif selama beberapa tahun terakhir dengan pertumbuhan platform e-commerce. Melalui fitur Pembelian Obat & Produk Kesehatan, Good Doctor berupaya meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk dan layanan terkait kecantikan melalui platform health-tech yang kredibel.
  • Anggota masyarakat dengan Penyakit Kronis: Mengunjungi rumah sakit dalam masa pandemi menjadi suatu hal yang harus dipertimbangkan lebih lanjut oleh pasien dengan penyakit kronis yang membutuhkan pemeriksaan rutin. Fitur Good Doctor melayani konsultasi, pembelian obat, serta berbagi pengalaman dengan pasien lain melalui aktivasi pasien Good Doctor.
‘Bebas’ dari Grab, Good Doctor Sekarang Punya Aplikasi Sendiri

Seiring dengan peningkatan kebutuhan layanan kesehatan masyarakat, Good Doctor optimis dapat membawa energi positif untuk dunia kesehatan khususnya telemedis di Indonesia. Kedepannya, Good Doctor akan tetap melanjutkan kemitraannya bersama Grab Indonesia guna memberikan kualitas layanan kesehatan terbaik dan terpercaya bagi keluarga Indonesia.

Kini aplikasi Good Doctor dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore maupun iOS App Store.

Terima kasih telah membaca artikel

‘Bebas’ dari Grab, Good Doctor Sekarang Punya Aplikasi Sendiri