Bagaimana Cara Konversi Sim Indonesia Ke Filipina

Bagaimana cara konversi sim Indonesia ke Filipina?. Pertanyaan ini ada kalanya muncul dalam kondisi maupun situasi seseorang. Terlebih lagi bilamana orang tersebut adalah seorang Warga Negara Indonesia yang tinggal menetap di negara Filipina. Pada artikel kali ini, Kita akan coba membahas soal ini secara mendetil dan mudah dipahami. Langsung kepada intinya. Beberapa hal yang wajib Kamu ketahui dulu misalnya, seperti:

  • Sim Indonesia di Filipina hanya bisa diterima atau diakui bila itu SIM A untuk mengendarai mobil.
  • SIM A Indonesia bisa digunakan untuk mobil pribadi yang manual maupun otomatis. Tapi kalau di Filipina, Kamu harus menjelaskan kamu lihai dan mau pakai mobil pribadi kelas sedan yang manual atau yang otomatis. Karena di Filipina masing-masing ada kategorinya. Mereka ada punya sim mobil pribadi kecil yang cuma bisa dipakai untuk manual. Sim mobil pribadi kecil yang cuma bisa dipakai untuk transmisi otomatis. Ada sim buat kendaraan SUV, yang agak besar. Sim buat bawa bus atau transportasi umum dan mobil berat lainnya ada masing-masing.
  • Orang Indonesia tidak bisa langsung mengkonversi SIM C motor Indonesia ke SIM motor Filipin. Kalau mau punya SIM Motor Filipin, wajib ikut sekolah pelatihan atau kursus dulu. Dan harus lulus pastinya. Sim motor pun ada dibedakan antara yang manual dan yang automatic.
  • Untuk yang hanya berkunjung, SIM Indonesia, apabila itu SIM Internasional, bisa langsung digunakan/berlaku selama 90 hari sejak hari kedatangan.

Bagaimana Cara Konversi Sim Indonesia Ke Filipina?

Ok, langsung saja ke tahap demi tahap dari dokumen yang perlu Kamu siapkan sampai ke langkah serta biayanya bila ada ya. Disimak baik-baik.

  1. Indonesia posisi setir itu disebelah kanan, sedangkan Filipin, posisi setir pada sebelah kiri. Jadi, WNI yang ingin konversi SIM A ke SIM Filipin, wajib LULUS tes mengemudi lagi terlebih dahulu.
  2. Silahkan mengunduh formulir Application for Student Driver’s Permit / Driver’s License / Conductor’s License (APL) : https://lto.gov.ph/lto-forms.html. Form ini pun akan dipergunakan untuk tes mengemudi. Isi formulirnya sedetail mungkin. Alamat jangan sampai salah. Kartu fisik sim Filipin akan dikirimkan melalui jasa pengiriman ke alamat yang didaftarkan sebagai tempat tinggal Kamu.
  3. Silahkan membuat translasi SIM A yang Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris terlebih dahulu di Embasi Indonesia terdekat dengan mu. Harus legalisir ada tandatangan dan stempel Kedubes RI. Minta translasinya seperti:
    • Name
    • Address
    • Place of birth
    • Date of birth
    • Height
    • Occupation
    • Driver’s license number
    • Expiration date
    • Issued date

      Cek tahapan cara translasi SIM Indonesia ke Bahasa Inggris ditautan berikut: https://kemlu.go.id/manila/id/pages/konversi_sim_indonesia/4045/etc-menu. Ada biaya sekitar seribu lima puluh peso untuk pembuatan legalisir translasi surat izin mengemudi Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris.

  4. Bikin medical certificate yang terakreditasi LTO Philippines. Biasanya sekitar lima ratus peso. Berlaku sebulan atau dua bulan.
  5. Fotokopi SIM A Indonesia depan belakang.
  6. Foto kopi Alien Certificate of Registration, depan belakang.
  7. Foto kopi Alien Employment Permit, depan belakang.
  8. Foto kopi paspor halaman depan.
  9. Foto kopi paspor yang ada stempel kedatangan terakhir ke Filipina.
  10. SIM dan Paspor ASLI dibawa juga saat pergi ke LTO Quezon City. Hanya bisa melakukan konversi sim beda negara disini.

Setelah Dokumen Lengkap Untuk Covert Foreign Driving License

  1. Bawa semua dokumen yang disebutkan diatas. Pergi ke A-1 Driving Training Center – Quezon City. 164 Rosal St., Pingkian 3, Zone 2, Quezon City, Metro Manila, Philippines. Bayar dua ratus lima puluh peso untuk pendaftaran dan tes mengemudi disana.
  2. Kalau sudah lulus tes mengemudi, pergi ke LTO Quezon City Licensing Center. LTO COMPOUND, East Ave, Quezon City, 1100 Metro Manila, Philippines.
  3. Pergi ke gedung area sebelah kanan dari pintu masuk utama. Antri buat ambil formulir warna kuning yang berjudul: Routing Slip For License Process. Dan antri ke bagian penukaran ID buat dapat kartu tamu. Buat masuk ke gedung DILIMAN DISTRICT OFFICE.
  4. Bertanya lah kepada para petugas disana untuk convert foreign driving license to Philippines. Ikuti prosesnya. Hingga nanti Kamu akan diminta bayar seratus peso. Lalu bayar lagi sekitar enam ratus delapan puluh lima peso, dan tunggu dapat selembar fotokopi sim Filipina.
  5. Kartu Fisik SIM Filipina tidak bisa langsung Kamu terima di tempat. Akan dikirimkan ke alamat tempat tinggal mu.

*dianjurkan untuk tidak berekspektasi bisa selesai dalam satu hari saat Kamu pergi untuk tes mengemudi di A-1. Karena ditempat tes nyetir itu. Bisa jadi Kamu akan menghabiskan waktu lebih dari tiga jam buat antri sampai selesai. Situasi untuk antrian seperti itu tidak bisa dipredisikan. Akan lebih ringan bila tanpa ekspektasi seperti itu, sehingga Kamu tidak kecewa.

Untuk penjelasan dalam audio visual yang lebih terperinci, silahkan melihat kepada beberapa informasi yang tersedia dalam layanan youtube seperti: https://www.youtube.com/watch?v=YH7se0XLxjA

Terima kasih.

Terima kasih telah membaca artikel

Bagaimana Cara Konversi Sim Indonesia Ke Filipina