Backlink | SEO | Ranking | Google | Maksudnya?

Artikel Unik – Apa sih maksudnya dan gunanya backlink pada ranking sebuah website dalam kajian pembicaraan SEO?. Kenapa ini terlihat begitu penting?. Apa fungsi dari backlink itu sendiri dan seperti apa juga sich bentuk daripada backlink tersebut?.

Hmmm, mari Kita coba bahas dan lihat bersama. Pertama, apa maksudnya backlink itu?. Backlink adalah sebuah tautan aktif dari satu situs ke situs online lainnya. Ini bisa berupa teks ataupun gambar biasanya. Intinya, ini merupakan sesuatu yang kalau Kita klik, akan membuka atau mengarahkan Kita kepada tab atau halaman baru pada browser aktif yang Kita gunakan, misal Google Chrome maupun Mozilla Firefox.

Jika link aktif itu berupa text, biasanya penulisan dalam bahasa Hyper Text Markup Language (HTML) nya akan seperti: <a href=”URL Website” title=”backlink” target=”_blank”>Link Building</a> | yang kalau dalam bentuk tampilannya pada sebuah konten website akan nampak seperti: Link Building. URL website akan di isi dengan alamat lengkap website yang Kamu inginkan. Contoh URL Website itu seperti https://idrtimes.com/, target=”_blank” ini maksudnya yaitu, bilamana tautan tsb di klik, maka akan membuka halaman website target itu di tab browser yang baru, sedangkan title=”backlink” ini bila digunakan akan memberikan tampilan seperti info tips dalam kotak kecil mengenai deskripsi singkat link itu sendiri. Kurang lebih akan tampak seperti gambar dibawah ini:

title judul pada url link backlink



Dan jika link, title link, disematkan pada gambar, maka ketika gambar diklik akan membuka / mengarahkan pengunjung ke halaman website tertarget, ini biasanya terjadi pada banner-banner iklan yang sering Anda lihat di internet, seperti Google Display Network (GDN). Contoh title link yang akan muncul bilamana diatur pada gambar adalah seperti dibawah ini:

title judul pada gambar backlink

Hubungan Backlink Dengan Metode SEO?

Nah itu adalah cara penulisan link aktif dalam bahasa pemrograman dasar HTML untuk sebuah web maupun blog seperti Blogspot. Lalu, apa hubungannya dalam pengerjaan SEO?. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang dalam bahasa Indonesianya, artinya kurang lebih ialah suatu proses yang dilakukan pada halaman website agar dapat tampil pada halaman hasil pencarian seperti google, istilah yang sering digunakan untuk halaman hasil pencarian google adalah SERP (Search Engine Result Pages).

Basic SEO sendiri yaitu menyusun semua kata -kata dalam situs online agar terperinci sesuai dengan target keyword yang diinginkan. Mulai dari judul website, deskripsi website, sampai kepada content website itu sendiri, kalau website mu dibuat karena hobi mu mengenai tempat-tempat wisata, ya sudah tentu, semua pembahasan dalam website Kamu itu harus mengenai ulasan atau review tentang destinasi pariwisata yang Kamu tau. Biasanya sih para blogger travel seperti ini membuat blog web mereka hanya karena ingin membuat catatan kenangan soal suka dukanya perjalanan mereka.

Contohnya, untuk On Page SEO itu (ambil contoh dari website IDRTimes ya), pada bagian file header.php, dengan bahasa program HTML, diantara tag <head> </head> settingan Title / judul website akan ditulis seperti ini: <title>Artikel Unik dan Informasi Menarik Serta Beragam Bacaan Asik</title>, dan <meta name=”description” content=”Pilihan artikel unik yang bisa kamu dapatkan disini, beserta informasi menarik yang dirangkum dalam beragam bacaan asik setiap saat di waktu senggang.”/>. Itu artinya, IDRTimes menargetkan salah satu kata kunci atau keyword nya adalah “Artikel Unik“, karena pada bagian judul dan deskripsi situsnya ada kata-kata itu. Dan untuk halaman website itu, artinya, kalau masuk kedalam hasil pencarian Google, maka akan tampil seperti (kurang lebih) gambar dibawah ini:

title description on page seo

Pengaturan-pengaturan yang dilakukan langsung pada halaman website online tersebut biasanya dinamankan dengan sebutan “On Page SEO” oleh para praktikal SEO diseluruh dunia. Jadi, karena ada istilah On Page SEO, maka, logikanya, ada ON biasanya pasti ada OFF.

Berikut beberapa website yang bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk memeriksa nilai SEO On Page Anda:

Masih banyak lagi sebenarnya website-website yang menyediakan fitur pengecekan nilai untuk poin optimasi situs online Kamu, misalnya saja, Kamu bisa mencoba melakukan pencarian sendiri pada Google SERP dengan kata kunci “check seo score of website“. Layanan-layanan itu biasanya nanti akan memberikan saran apabila ditemukan beberapa masalah atau bahkan beberapa point yang masih bisa untuk Kamu kembangkan supaya nilai SEO On Page Kamu bisa lebih tinggi lagi.

Apa Pengaruh OFF Page SEO Bagi Google Ranking?

Off Page SEO ialah metode pengerjaan optimasi website yang dilakukan tidak pada websitenya sendiri. Cara ini biasanya yang disebut dengan “Link Juices” atau “Link Building”. Langkah ini akan dilakukan bilamana semua prosedur dari SEO On Page telah selesai dikerjakan. Pada fase inilah pembuatan backlink di kerjakan. Analogi dari pembangunan backlink ini adalah seperti, “makin banyak website yang mereferensikan website Kamu, maka semakin bagus peringkat website Kamu nantinya pada SERP Google”, “makin banyak orang yang mereferensikan Kamu, artinya Kamu memang orang yang kerjanya bagus”.

Simpelnya sih gitu ya kira-kira. Jadi, darimana dan bagaimana Kamu bisa mulai untuk membuat backlink?. Darimana saja yang bisa Kamu temukan jawabannya. Contoh ya, paling sederhananya, Kalian semua pasti rata-rata punya akun sosial media dong?. Punya akun Facebook aktif?, suka share-share artikel berita atau informasi menarik?. Nah, itu sudah termasuk dari pengerjaan Off Page SEO lho sobat. Link website yang kamu bagikan di jejaring akun socmed Kamu, itu sudah termasuk bagian dari pembangunan backlink. Dan untuk website kategori pertemanan seperti, FB, Twitter, Instagram, dan lainnya itu, termasuk dalam kategori Off Page SEO Social Signals. Social Signals akan memberikan dampak yang cukup positif untuk rating SEO website Kamu. Semakin banyak orang yang membagikan website mu melalui sosial media, semakin terkenal website Kamu, dan nilai dari DA / PA (Domain Authority / Page Authority) akan merangkak naik juga pada akhirnya. Social signal link (jumlah share / like) dari jaringan socmed sangat berpengaruh juga soalnya.

Untuk perusahaan-perusahaan besar yang memang punya modal banyak, ga cuma perusahaan besar sich, siapa saja sekarang mah, yang punya dana lebih dan mau dapat banyak social signal untuk website onlinenya, mereka pasti akan menggunakan jasa iklan pada jaringan socmed tersebut. Makanya Kamu pasti sering banget juga kan ngeliat iklan bersliweran di wall facebook Kamu, iklan itu tuh yang membantu penyebaran informasi dan meraih social signal untuk website mereka. Dan secara tidak langsung, sadar atau tidak, iklan-iklan digital seperti Google Ads maupun FB Ads itu tampaknya memang mendorong peringkat SEO untuk sebuah website sebenernya, *(opini admin pribadi, dari beberapa informasi dan logika yang admin terima dan baca dari sekian banyak informasi yang berceceran di internet, hahaha). Dan admin juga mencoba untuk membaca beberapa tutorial maupun petunjuk mengenai macam-macam platform ads yang ada, rata-rata sih berdasarkan keywordnya juga. Kalau keyword yang tingkat persaingannya tinggi, misal, jual rumah, atau jual jual yang lain tuh, harga satu kali kliknya bisa lumayan tinggi.

Jasa Periklanan Online Google Ads Dan FB Ads Untuk Impresi SEO

Misal ya, coba bayangkan saja misal, Kamu punya usaha jualan sepatu, dan Kamu mau pasang iklan online dengan target keyword “jual sepatu”, Kamu tidak mencantumkan spesifik area untuk batas wilayah jualan Kamu itu, misal kaya “Jual Sepatu Di Bandung”. Dan ternyata harga CPC (Cost Per Click) (satu kali klik bila iklan tayang) untuk kata kunci “jual sepatu” adalah Rp 50.000,- (sekali lagi, ini misal ya). Maka, misal Kamu punya budget sebanyak Rp 5.000.000,- untuk iklan sebulan, berarti maksimal click yang bisa Kamu dapat adalah sebanyak 100 kali. Kalau belum sampai sebulan iklan Kamu itu sudah di klik 100x, maka iklan Kamu sudah tidak akan tampil lagi, karena deposit uang buat iklan mu sudah habis.

Dan memang, dari 100x klik belum tentu juga semua orang langsung beli kan, tapi paling tidak, ini artinya, impresi (tingkat keterkenalan merk toko) Kamu sudah merangkak naik karena sudah tampil sebanyak 100 kali di hadapan orang-orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci “jual sepatu”. Untuk orang yang melakukan pencarian “investari properti” tentu saja iklan Kamu tidak akan muncul. Inilah sedikit banyak soal cara kerja FB Ads atau Google Ads. Untuk iklan-iklan ini juga perlu dilakukan beberapa pengaturan yang kurang lebih sama seperti SEO On Page, Judul iklan, deskripsi iklan, konten iklan sampai gambar perlu di setting hingga mendapatkan skor sempurna, agar iklan bisa bersaing dengan iklan yang lainnya, jadi, ga cuma soal modal buat bidding iklan, keterampilan maupun pengalaman soalnya pengaturan iklan tersebut juga akan dibutuhkan sebenarnya. Banyak juga koq agensi periklanan digital yang menawarkan jasa google ads dan jasa facebook ads kalau Anda punya uang dan tidak mau ambil pusing untuk masalah teknis pengaturannya.

Jadi, itu saja cara mendapatkan backlink untuk mendorong peringkat website mu pada SERP dengan metode SEO?, jawabnya tentu saja tidak donk. Itu cuma salah satu dari beberapa cara untuk mendapatkan backlink, dan link dari sosial media platform seperti itu merupakan link dengan kategori social signals dalam pengerjaan SEO. Masih ada beberapa langkah lain lagi seperti, mendaftar dan aktif di berbagai forum online yang memperbolehkan Kamu menyematkan tautan ke website pribadi Kamu. Mengunjungi website-website lain yang menyediakan kolom komentar yang mengizinkan untuk meninggalkan link balik ke situs Kamu (blog commenting). Tapi, ingat juga, jangan asal komentar ga jelas, jadi spam comment atau spam link doang, ga bagus jadinya buat nilai SEO Kamu nanti, dan akan lebih bagus lagi kalau Kamu bisa komen link website Kamu dengan anchor text (keyword tertarget sperti yang dijelaskan diatas) di website yang kategori pembahasannya sama dengan pembahasan website Kamu. Misal, website Kamu tentang jualan baju online, ya cari website yang niche (kategori pembahasannya) juga tentang baju, fashion, pokoknya yang berhubungan.

Daftar website untuk backlink | Off Page SEO Link Building

  1. vimeo.com
  2. pinterest.com
  3. myspace.com
  4. typepad.com
  5. createspace.com
  6. theverge.com
  7. qualtrics.com
  8. visual.ly
  9. gameinformer.com
  10. pearltrees.com
  11. 8tracks.com
  12. yudu.com
  13. magcloud.com
  14. dead.net
  15. armorgames.com
  16. warriorforum.com
  17. skillsforhealth.org.uk
  18. hostsearch.com
  19. onrpg.com
  20. wordpress.com
  21. blogspot.com
  22. kinja.com
  23. purevolume.com
  24. kiwibox.com
  25. minds.com
  26. tumblr.com
  27. storeboard.com
  28. avdhootblogger.com
  29. hedonistit.com
  30. suejprice.com
  31. joaoleitao.com
  32. migrationology.com
  33. 5losttogether.com
  34. we3travel.com
  35. walkingtheimaginaryline.com
  36. successfulblogging.com
  37. torrefsland.com
  38. blog.blogbing.com
  39. expresswriters.com
  40. growmap.com
  41. peterbeckenham.com
  42. chrisdeewaard.com
  43. davidmerrill101.com
  44. poweraffiliateclub.com
  45. mjthompson.net
  46. danguillermo.com
  47. Dan Masih Banyak Lagi Yang Lainnya…..

Dan kedepannya lagi, mungkin beberapa web diatas akan tidak aktif atau tidak bisa untuk membuat backlink lagi, semua bisa terjadi, dan kalau Kamu mau mencoba mencari data baru yang lain, boleh coba lagi cari sendiri di Google dengan kata kunci misal “list backlink website“. Bila Kamu berhasil mendapatkan banyak link aktif dengan anchor text yang tepat untuk website Kamu, percayalah, niscaya ranking website Kamu pasti melonjak naik pada hasil pencarian seperti Google, Bing, maupun yang lainnya, yang penting, daftarkan website Kamu juga pada websmaster si mesin pencari setelah Kamu selesai dengan langkah On Page SEO nya.

Untuk metode link building yang lebih teknis atau lebih detail bilamana Anda berminat, boleh coba cari di google dengan kata kunci “link building strategy”. Anda akan menemukan bahwa sebenarnya, pengerjaan backlink untuk SEO ini lebih rumit daripada sekedar basic backlink yang Saya jelaskan diatas. Karena, Anda akan menemukan, bahwasanya, pembuatan link tersebut juga diperlukan beberapa taktik atau strategi, dan mungkin juga Anda akan melihat yang namanya, Tiering Backlink yang disusun seperti gambar dibawah ini:

link juice tier backlink

Untuk website yang punya backlink banyak, akan tampak seperti ini, dan tentu saja pasti, peringkat situsnya sudah jelas pasti bagus, lihat saja contoh gambar data dari Alexa.com berikut ini untuk website portal berita Detik.

peringkat detik alexa

Kesimpulan Tentang Gunanya Backlink Untuk SEO

Semoga pembahasan ini bisa memberikan gambaran tentang apa itu backlink, bagaimana cara membuatnya, dan apa dampaknya bagi website Kita. Kesimpulan dari semua informasi yang admin peroleh dan pelajari adalah, SEO itu sepertinya memang belum ada patokan pastinya sampai saat ini. Algoritma mesin pencarian Google terus di update dan terus berubah sesuai yang dibutuhkan untuk membuat hasil pencarian lebih sesuai dengan yang dibutuhkan oleh semua penggunanya. Dan sistem pembuatan atau pengerjaan SEO itu ternyata tidak semudah yang dibayangkan dengan hanya berdasarkan konten yang bagus saja.

Pengerjaan pondasi link juices sangat penting dan rumit. Tidak semua website apalagi yang sama kategorinya mau menyematkan link website dengan anchor keyword Kita. Butuh banyak waktu untuk setting on page seo, menyita lebih banyak waktu untuk pembuatan konten dan pembangunan struktur backlink, banyak biaya untuk mendorong impresi brand dengan iklan. Sekarang admin mengerti, kenapa jasa seo itu mahal, hahahahahahaa…

Dan apa pendapat Kamu?. Ingin berkomentar atau ingin berbagi informasi dengan yang lainnya?, Kamu bisa meninggalkan Komentar Kamu pada kolom komentar dengan login menggunakan akun facebook mu terlebih dahulu, bisa juga coba meninggalkan URL website Kamu pada komentar mu tersebut :p . Mau kirim artikel, banner, dan link website Kamu supaya di publish di IDRTimes dengan biaya terjangkau?, boleh saja, silahkan kirim email ke idrtimes[at]gmail[dot]com untuk informasi lebih lanjut.

Terima Kasih,
IDRTimes

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: