Arteria Dahlan Vs Anak Jenderal, Ribut Kok Bawa-Bawa Pangkat-Jabatan?

Jakarta

Belum lama ini ramai cekcok antara anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan dengan wanita yang mengaku anak seorang jenderal TNI.

Keributan ini dimulai saat Arteria Dahlan dianggap menghalangi jalan seorang wanita yang hendak keluar dari pesawat.

“Gimana nggak dihalangi lo di depan gue, sama barang-barang lo segitu banyaknya,” kata wanita tersebut, dalam video viral yang diunggah akun instagram @ahmadsahroni88.

Keduanya pun terlibat dalam adu mulut. Arteria bahkan mengaku wanita tersebut tidak masalah jika persoalan ini dibawa ke ranah hukum lantaran dirinya mengklaim anak Jenderal TNI bintang 3.

Di luar masalah tersebut, psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum dari Pro Help Center mengungkapkan bahwa konflik yang berujung membawa nama jabatan memang kerap terjadi karena ada kecenderungan rasa inferioritas, yakni merasa lebih superior.

“Sehingga dengan bawa jabatan, merasa lebih superior, superioritas ini bisa mengintimidasi atau mengambil benefit tertentu,” terang Rahma kepada detikcom, Senin (22/11/2021).

Jika menghadapi kasus serupa, Rahma mengingatkan hal wajib yaitu tetap bersikap tenang. Tidak langsung merespons sikap yang ditujukan seseorang, dan menghindari terbawa emosi yang meledak-ledak.

Pasalnya, rasa superior ini bisa saja memang karakter dari orang tersebut, atau karena ada masalah mental.

“Sebaiknya pihak yang merasa lebih sehat mental, lebih mampu berpikir jernih dan tenang. Kita pertimbangkan dulu baik baik apa yang akan dilakukan untuk merespons. Kita tak perlu impulsif dan ikut terbawa emosi meledak ledak dalam merespons-nya,” beber Rahma.


Terima kasih telah membaca artikel

Arteria Dahlan Vs Anak Jenderal, Ribut Kok Bawa-Bawa Pangkat-Jabatan?