Apa Itu Hernia? Dialami Baby Leslar Sampai Harus Dioperasi

Apa Itu Hernia? Dialami Baby Leslar Sampai Harus Dioperasi

Jakarta

Anak Rizky Billar dan Lesti Kejora, Muhammad Leslar Al-Fatih Billar dikabarkan mengidap penyakit hernia atau turun berok. Karena penyakit tersebut, sang anak pun perlu menjalani operasi hernia. Hal ini diungkapkan langsung oleh Rizky Billar melalui Instagram pribadinya.

“Mohon doanya agar operasi hernia Fatih dilancarkan,” tulis Rizky Billar, Senin (19/9/2022) malam.

Apa Itu Hernia?

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), hernia adalah kondisi saat jaringan ikat tubuh tidak cukup kuat untuk menahan organ tubuh di dalamnya agar tetap berada di posisinya masing-masing.


Penyakit ini biasanya muncul seperti benjolan dan tonjolan melalui area yang riskan dan lemah di dalam dinding otot pada tubuh. Juga, bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak dan bayi.

Jenis Hernia pada Bayi

Penyakit hernia umumnya memiliki banyak jenis, namun yang biasa terjadi pada bayi dan anak-anak adalah:

Hernia inguinalis, terjadi ketika sebagian usus atau jaringan lemak di rongga perut mencuat ke selangkangan. Jenis yang satu ini paling sering terjadi dan pria memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalaminya.

Hernia umbilikalis, terjadi ketika sebagian usus atau jaringan lemak mendorong dan mencuat di dinding perut, tepatnya di pusar. Hernia umbilikalis biasanya dialami oleh bayi dan anak di bawah usia 6 bulan akibat lubang tali pusat tidak tertutup sempurna setelah bayi lahir.

Hernia hiatus, terjadi ketika sebagian lambung mencuat ke dalam rongga dada melalui diafragma (sekat antara rongga dada dan rongga perut). Jenis hernia ini umumnya terjadi pada lansia (di atas 50 tahun). Jika seorang anak mengalami hernia hiatus, kondisi tersebut disebabkan oleh kelainan bawaan.

Hernia diafragma, terjadi ketika sebagian organ lambung mencuat masuk ke rongga dada melalui celah diafragma. Hernia jenis ini juga dapat dialami oleh bayi ketika pembentukan diafragma kurang sempurna.

Penyebab Hernia pada Bayi

Hernia lebih sering terjadi pada anak-anak yang memiliki faktor risiko, seperti:

  • Lahir prematur
  • Orang tua atau saudara kandung mengidap hernia saat bayi
  • Mengalami fibrosis kistik
  • Muncul jaringan tidak normal di pinggul
  • Punya kelainan testis
  • Memiliki masalah dengan sistem genitourinari

Penanganan Hernia

Ada beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan dokter, seperti terapi obat, operasi, laparoskopi, dan lain sebagainya.

Meskipun demikian, ada jenis hernia yang tidak membutuhkan tindakan operasi, yaitu hernia umbilikus yang biasanya dapat sembuh sendiri dan hernia hiatus yang terkadang dapat ditangani dengan obat-obatan.


Terima kasih telah membaca artikel

Apa Itu Hernia? Dialami Baby Leslar Sampai Harus Dioperasi