Angin Segar! Vaksin COVID Anak 6 Bulan ke Atas Bakal Diberikan Maret 2023

Angin Segar! Vaksin COVID Anak 6 Bulan ke Atas Bakal Diberikan Maret 2023

Jakarta

Vaksin COVID-19 anak untuk usia mulai dari enam bulan sudah mendapat izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) menggunakan jenis Pfizer. Kementerian Kesehatan RI tengah mengupayakan ketersediaan stok vaksin COVID-19 Pfizer khusus kelompok usia tersebut.

Rencananya, vaksin COVID-19 anak enam bulan ke atas bakal dimulai tahun ini. Indonesian Technical Advisory Group on Immunization ITAGI juga sudah memberikan rekomendasi soal pelaksanaan vaksinasi-nya.

“Kita lagi persiapan untuk pengadaan logistiknya. Karena yang saat ini (untuk usia anak enam bulan ke atas) baru ada Pfizer yang punya,” terang Maxi kepada wartawan, di kawasan Jakarta Pusat, Rabu (25/1/2023).


“Iya kita harapkan Maret lah,” sambung dia saat ditanya mengenai kapan vaksinasi anak enam bulan ke atas diberikan.

Seperti diketahui, izin vaksinasi COVID-19 anak mulai dari enam bulan diberikan menggunakan vaksin Comirnaty (Pfizer). Khusus untuk usia enam bulan, dosis yang disuntikkan sebanyak tiga dosis, dua dosis pertama diberikan dalam rentang waktu tiga minggu.

Diikuti dengan dosis ketiga yang diberikan setidaknya delapan bulan pasca dosis kedua. Bagi usia anak lima hingga 11 tahun, diberikan sebanyak dua dosis dengan rentang waktu tiga minggu.

Terima kasih telah membaca artikel

Angin Segar! Vaksin COVID Anak 6 Bulan ke Atas Bakal Diberikan Maret 2023