Alert! Corona Mutan Ganda Asal India B1617 Terdeteksi di DKI

Jakarta

Varian Corona asal India dengan mutasi ganda B1617 sudah masuk ke Indonesia. Mutasi ini terdeteksi ada di Jakarta.

“Sudah ada mutasi baru yang masuk yaitu mutasi dari India, ada dua insiden dan keduanya di Jakarta,” kata Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (3/5/2021).

Menkes Budi mengatakan mutasi yang masuk ke Indonesia dikategorikan sebagai variant of concern atau varian yang diamati karena penularannya cenderung lebih tinggi. Upaya pelacakan kasus dilakukan dan diperketat demi mencegah varian tersebut menyebar lebih luas.

“Ini harus kita jaga mumpung masih sedikit, karena mereka pasti akan segera menyebar karena penularannya relatif lebih tinggi dari yang lain,” lanjutnya.

Varian mutan ganda B1671 diduga menjadi penyebab naiknya kasus Corona di India. Varian ini juga disebut-sebut mampu menghindari respons kekebalan tubuh meski masih perlu kajian lebih lanjut.

Selain varian mutasi ganda dari India, varian Corona asal Afrika Selatan juga sudah terdeteksi di Bali. Masyarakat diimbau untuk semakin disiplin menjalankan protokol kesehatan dalam menghadapi varian tersebut.


Terima kasih telah membaca artikel

Alert! Corona Mutan Ganda Asal India B1617 Terdeteksi di DKI