Alasan Kenapa Harus Memilih Pekerjaan Berdasarkan Kegemaran

Artikel Unik – Beberapa dari kita saat ini mungkin sedang mencari pekerjaan atau bahkan merasa terjebak dengan rutinitas pekerjaan yang tengah dijalani. Nah, makanya alasan kenapa harus memilih pekerjaan berdasarkan kegemaran sebenarnya menjadi sesuatu yang amat penting untuk dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan menerima atau menjalani pekerjaan tersebut.

Untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan, alasan kenapa harus memilih pekerjaan berdasarkan kegemaran ini menjadi penting karena akan berpengaruh kepada semangat kamu dalam menjalani rutinitas kesehariannya.

Bagi kamu yang menjabat sebagai HRD atau pewawancara pencari kerja. Kamu perlu banget nih melihat apakah si pencari kerja tersebut memang menyukai bidang ini atau tidak. Karena kedua situasi tersebut akan berpengaruh kepada satu jawaban, yaitu, “Kinerja“.

Jadi, alasan kenapa harus memilih pekerjaan berdasarkan kegemaran itu sangat penting untuk diperhatikan. Baik dari sisi si pencari kerja, maupun dari sisi si penyedia lapangan pekerjaan.



Lihat juga: Apa Itu Street Fotografi ?

Berikut ini ada beberapa alasan kenapa harus memilih pekerjaan berdasarkan kegemaran:

1. Tidak Merasa Terbebani

Jika pekerjaan yang kamu ambil ini merupakan “passion” mu, maka, dapat dipastikan 100% diri mu akan sangat enjoy menghabiskan waktu mu untuk melakukan pekerjaan tersebut. Kamu tidak akan merasa terbebani dengan rutinitas pekerjaan itu. Kamu malah justru senang dan bergairah melakukannya.

2. Lebih Awet

Alasan kenapa harus memilih pekerjaan berdasarkan kegemaran yang kedua adalah, karena kamu akan betah banget di posisi ini. Kamu akan bisa bekerja pada satu perusahaan diposisi tersebut dalam jangka waktu yang lama. Bisa 10 tahun atau bahkan lebih kamu berada pada posisi tersebut, lebih awet. Dan hebatnya, kamu tidak akan merasa bosan atau mengeluh. Karena, kamu sendiri juga justru yang menyukai posisi tersebut dan tak ingin melepaskan rutinitas pekerjaan kamu ini. Kamu akan menjadi karyawan yang loyal. Nah, untuk Kamu sebagai HRD, pasti juga akan merasa sangat senang bila bisa mengambil keputusan tepat untuk merekrut orang sepert ini bukan?.

3. Senang Berinovasi

Karena ini merupakan aktivitas kegemaran kamu juga, maka, bekerja seolah seperti hiburan buat kamu. Karena kamu jadi tidak menganggap ini pekerjaan yang membebani kamu, maka, kamu jadi lebih luwes. Kamu Jadi lebih girang melakukannya dan membuat kamu lebih bisa berinovasi mencari pengembangan untuk semakin menjadi lebih baik.

4. Berasa Nyaman Saja Dengan Jam Kerja

Nah ini juga yang jadi ‘reason’ penting buat kamu pencari kerja, maupun kamu si pemberi kerja yang perlu diperhatikan. Bila seseorang menjalani pekerjaannya sesuai dengan “passion-nya”. Dapat dipastikan bila ia pasti akan merasa enjoy dan tidak merasa diburu waktu ingin cepat-cepat pulang. Orang yang bekerja karena bidang itu kesenangannya, akan melalui jam kerjanya dengan suka cita.

5. Jarang Stress

Bila pekerjaan yang kamu jalankan adalah kegemaran mu. So pasti jarang banget kamu akan merasa “stress”. Dirimu pasti bakalan enjoy banget dalam menjalani rutinitas kesehariannya. Ketika pikiran kita senang dengan pekerjaan kita, maka, kehidupan sosial kita juga biasanya akan lebih bagus jadinya. Soalnya kita merasa selalu “happy” dengan apa yang kita lakukan di tempat kerja. Bisa jadi pulang kerumah masih selalu dalam kondisi yang ceria.

6. Semangat Berangkat Kerja

Disaat orang lain pada malas berangkat kerja, karena mungkin bukan pekerjaan yang mereka sukai. Kamu malah akan berlaku kebalikannya. Karena kamu bekerja ini bukan hanya sekedar mencari uang untuk bertahan hidup. Tapi kamu memang menyukai pekerjaan ini. Oleh sebab itu, walaupun cuaca hujan atau terik dahsyat, kamu akan selalu tetap ceria ketika hadir menginjakkan kaki di kantor. Kamu akan selalu semangat untuk bisa hadir dan bekerja, karena itu bidang kegemaran kamu.

7. Lebih Fokus Seperti Melakukan Hobby-nya

Ketika kamu sudah merasa bahwa ini merupakan pekerjaan kegemaran kamu. Ketika kamu sudah merasa gembira menjalani rutinitas pekerjaan kamu ini. Maka, dapat dipastikan, kamu akan menjadi lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan kamu dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Bahkan, kamu akan selalu mencari cara untuk menjadi lebih baik. Ibarat main game, kamu akan melakukan hobi kamu ini, dan akan selalu berusaha memecahkan rekor kamu yang sebelumnya jika kamu merasa itu belum sempurna.

Alasan Kenapa Harus Memilih Pekerjaan Berdasarkan Kegemaran

Itulah beberapa alasan kenapa harus memilih pekerjaan berdasarkan kegemaran kamu. Sangat signifikan sebenarnya dan akan bisa menentukan masa depan kamu kelak. Jika bisa, memang sebaiknya sudah kamu tentukan sejak dini dan usahakan untuk mendapatkan sesuai apa yang kamu senangi. Agar bisa lebih banyak waktu kamu dalam meniti karir di bidang itu. Singkat kata, biar tidak membuang waktu kamu juga dengan salah arah ke bidang pekerjaan lain yang tidak kamu suka sebenarnya.

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: