8 Pulau Cantik di sekitar Danau Toba

Saat kalian berlibur ke Sumatera Utara maka salah satu tempat wisata yang akan langsung terlintas di kepala kalian adalah Danau Toba, yang mana merupakan sebuah lokasi wisata danau terbesar yang ada di Asia Tenggara. Saat ini pemerintah melalui Kemenparekraf menjadikan Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata unggulan yang diharapkan bisa menarik semakin banyak pengunjung dari dalam maupun dari luar negeri.

Keindahan dari Danau Toba sendiri sudah tidak perlu kalian ragukan lagi, dengan keindahan danau yang dikelilingi oleh Pegunungan dan Perbukitan hijau yang sangat indah akan membuat kalian betah untuk berlama – lama disini. Selain itu di Danau Toba kalian akan menemukan pulau – pulau kecil dengan keindahan yang sulit untuk kalian dapatkan di tempat lain dan seolah melengkapi pesona dari Danau Toba ini.

Mungkin banyak dari kalian yang belum tahu akan keberadaan pulau – pulau kecil ini, untuk itu di bawah ini kami akan memberikan kalian informasi menarik mengenai pulau – pulau kecil tersebut. Apa sajakah itu? Ikuti dan simak ulasan kami di bawah ini hingga tuntas untuk mendapatkan jawabannya.

Pulau Samosir

Sumber Gambar: Google Maps @ Adhitya Pramana

Rasanya kalau pulau yang satu ini sudah sangat dikenal oleh banyak orang, pulau pertama dalam daftar kami adalah Pulau Samosir yang mana merupakan sebuah lokasi wisata paling favorit yang ada di Danau Toba. Hampir semua pengunjung yang datang menjadikan Pulau Samosir sebagai tujuan mereka untuk berlibur, selain itu juga Pulau Samosir merupakan pulau terbesar yang ada di Danau Toba dengan ukurannya yang mencapai 630.000 meter persegi.

Kalian akan menemukan cukup banyak hal – hal menarik di Pulau Samosir mulai dari keindahan alamnya hingga kebudayaan menarik dan juga unik, seperti tarian Patung Sigale – Gale yang menarik dan unik ini.

Pulau Tao

8 Pulau Cantik di sekitar Danau Toba
Sumber Gambar: Instagram @jelajahsumut

Kalian senang dengan burung Bangau? Kalau begitu kalian bisa mencoba mengunjungi sebuah pulau kecil yang letaknya hanya sekitar 10 menit dari pulau Samosir, pulau yang kami maksud adalah pulau Tao. Saking dekatnya kalian bahkan sudah bisa melihat keindahan pulau Tao dari Pulau Samosir, yang mana ditumbuhi dengan pohon – pohon kelapa yang sangat tinggi.

Kalian akan menemukan banyak sekali Burung Bangau saat sedang berada di Pulau Tao ini dan karena jaraknya yang dekat kalian cukup menggunakan kapal untuk menuju ke Pulau Tao ini dengan jarak tempuh 10 menit saja.

Pulau Sibandang

8 Pulau Cantik di sekitar Danau Toba

Berikutnya adalah Pulau Sibandang, yang merupakan salah satu dari 16 Geosite dari Geopark Kaldera Toba dan merupakan pulau kedua terbesar di Danau Toba setelah Pulau Samosir yang keindahannya tidak kalah dengan pulau – pulau lainnya. Sebagai sebuah Geosite, Pulau Sibandang yang satu ini juga sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai sehingga kalian dapat menikmati liburan kalian dengan nyaman.

Pulau Tulas Siboro

8 Pulau Cantik di sekitar Danau Toba
Sumber Gambar: Google Maps @ Aaron Sianipar

Kalian fotografer atau seseorang yang memiliki hobi berfoto? Kalau begitu kalian dapat mengunjungi Pulau Tulas Siboro yang mana memiliki pemandangan yang sangat cocok untuk kalian jadikan background foto. Pulau Tulas Siboro ini sendiri memang sedikit berbeda dibandingkan dengan pulau – pulau lain yang ada di Danau Toba tapi kalau dari segi keindahan rasanya pulau yang satu ini tidak kalah dengan pulau – pulau lainnya yang ada di Danau Toba.

Pulau Sirukkungon

Pulau indah berikutnya yang ada di Danau Toba adalah sebuah pulau kecil bernama Pulau Sirukkungon, pulau ini memiliki pemandangan yang sangat indah akan tetapi masih belum dimaksimalkan oleh pihak pengembang. Buat kalian yang ingin berlibur dengan tenang rasanya kalian bisa mencoba untuk mengunjungi pulau kecil nan indah yang dapat kalian temukan di Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir ini.

Pulau Sitakke – Takke

8 Pulau Cantik di sekitar Danau Toba
Sumber Gambar: Instagram @infohumbahas

Pulau berikutnya adalah Pulau Sitakke – Takke, pulau yang satu ini juga memiliki ukuran yang cukup kecil dan sama halnya seperti Pulau Sirukkungon walaupun memiliki pemandangan yang cukup indah akan tetapi belum dimaksimalkan oleh pihak pengembang.

Pulau Simamora

8 Pulau Cantik di sekitar Danau Toba
Sumber Gambar: Instagram @wonderlaketoba.

Pulau Simamora adalah sebuah pulau yang berada di Kabupaten Humbang Hasundutan yang ukurannya tidak terlalu besar dan dari kejauhan kalian seperti akan melihat sebuah gundukan hanya saja dilengkapi dengan vegetasi rerumputan yang hijau. Pulau Simamora yang satu ini sendiri sangat cocok buat kalian yang senang berfoto karena pulau yang satu ini sering dijadikan sebagai latar sebuah foto.

Pulau Tolping

8 Pulau Cantik di sekitar Danau Toba
Sumber Gambar: Instagram @danau_tobasamosir

Pulau indah yang ada di Danau Toba yang terakhir dalam daftar kami kali ini adalah Pulau Tolping, sebuah pulau dengan ukurannya yang kecil akan tetapi memiliki pemandangan yang sangat menarik dan dapat kalian akses menggunakan perahu sewaan. Nah, menurut informasi jika Pulau Tolping yang satu ini merupakan sebuah pulau yang terletak di palung terdalam yang ada di Danau Toba.

Nah, itulah beberapa pulau indah yang dapat kalian temukan di Danau Toba walaupun saat ini ada beberapa pulau yang masih belum terjamah oleh pihak pengembang akan tetapi dengan Danau Toba menjadi salah satu lokasi wisata unggulan rasanya kedepan pulau – pulau tersebut akan mulai dimaksimalkan potensinya.

8 Pulau Cantik di sekitar Danau Toba

Terima kasih telah membaca artikel

8 Pulau Cantik di sekitar Danau Toba