6 Ciri-ciri Kutil Kelamin pada Pria, Sering Diabaikan Padahal IMS

6 Ciri-ciri Kutil Kelamin pada Pria, Sering Diabaikan Padahal IMS

Jakarta

Kutil kelamin merupakan salah satu jenis Infeksi Menular Seksual (IMS). Kondisi ini bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Ciri-ciri kutil kelamin pada pria biasanya terjadi begitu saja tanpa gejala awal. Dalam istilah medis, penyakit ini disebut juga condylomata acuminata, yaitu daging kecil yang tumbuh karena infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV).

Virus ini bisa menyebar melalui hubungan seksual, termasuk seks anal (lewat anus) atau oral (lewat mulut). Seseorang lebih berisiko terkena kutil kelamin jika melakukan hubungan seks yang tidak aman, seperti berganti pasangan atau tidak menggunakan kondom. Akibatnya, muncul kutil kelamin di beberapa titik, termasuk mulut dan tenggorokan.

Kemunculan kutil kelamin semakin berkembang jika area genital dibiarkan terus-menerus lembab. Dalam banyak kasus, kutil terlalu kecil untuk terlihat. Namun seiring waktu, ukurannya semakin besar dan menumpuk layaknya kembang kol.


Ciri-Ciri Kutil Kelamin pada Pria

Dikutip dari Mayo Clinic, kutil kelamin pada pria bisa terjadi di ujung dan batang penis, skrotum, dan anus. Kebanyakan orang mungkin akan sulit membedakan jerawat biasa dengan kutil kelamin. Karenanya, perhatikan ciri-ciri kutil kelamin berikut ini:

  • Benjolan kecil berwarna cokelat, abu-abu kehitaman, atau merah muda
  • Bentuk seperti kembang kol yang disebabkan oleh beberapa kutil yang berdekatan
  • Gatal dan rasa tidak nyaman di area genital
  • Pendarahan selama berhubungan seksual
  • Sulit kencing atau aliran urine tidak normal.
  • Bisa bertekstur keras ataupun lunak, namun di tahap awal pertumbuhannya tidak menimbulkan rasa sakit.

Kutil kelamin juga dapat berkembang di mulut atau tenggorokan seseorang yang telah melakukan kontak seksual oral dengan orang yang terinfeksi. Setelah terinfeksi, dibutuhkan waktu hingga tiga bulan untuk kutil kelamin muncul.

Meski kutil kelamin pada pria lebih jarang terjadi dibandingkan wanita, tidak ada pengobatan yang pasti untuk menyembuhkan penyakit ini. Perawatan medis hanya akan mengurangi pertumbuhan kutil, namun ada kemungkinan untuk muncul kembali.

Karenanya, diperlukan pencegahan agar ciri-ciri kutil kelamin pada pria tersebut tidak muncul dan menyebar ke orang lain. Pencegahan utama adalah menghindari hubungan seks bebas serta menggunakan pengaman (kondom) ketika bercinta. Selain itu, Centers for Disease Control and Prevention AS (CDC) merekomendasikan vaksinasi HPV rutin, terutama bagi anak perempuan dan laki-laki di atas usia 11 dan 12 tahun.

Terima kasih telah membaca artikel

6 Ciri-ciri Kutil Kelamin pada Pria, Sering Diabaikan Padahal IMS