5 Cara Mengatasi Lemah Syahwat, Jangan Anggap Sepele Kebiasaan Ini

5 Cara Mengatasi Lemah Syahwat, Jangan Anggap Sepele Kebiasaan Ini

Jakarta

Lemah syahwat atau kerap dikenal sebagai impotensi menjadi masalah yang sangat serius bagi pria. Kondisi ini dapat menurunkan rasa percaya diri serta mempengaruhi hubungan seksual dengan pasangannya. Padahal, cara mengatasi lemah syahwat bisa diatasi dengan pengobatan sederhana seperti perubahan pola makan, berolahraga, dan penurunan berat badan.

Lemah syahwat terjadi ketika pria tidak dapat mempertahankan ereksinya saat berhubungan seks. Pada kebanyakan kasus, lemah syahwat bisa disebabkan karena aliran darah ke penis yang terhambat. Kondisi ini lebih sering terjadi pada orang yang lebih tua, memiliki riwayat diabetes serta hipertensi, obesitas, mengalami kecemasan, dan merokok.

Sebenarnya, perawatan untuk lemah syahwat tergantung pada penyebabnya. Bisa jadi obat-obatan resep dokter, ataupun operasi. Namun, perubahan gaya hidup dan pengobatan alami juga mampu membantu memperbaiki lemah syahwat.


Cara Mengatasi Lemah Syahwat

Dikutip dari Healthline, berikut ini 5 cara mengatasi lemah syahwat secara alami.

1. Diet

Mengonsumsi makanan seimbang dapat menjaga fungsi seksual dan mengurangi risiko lemah syahwat. Sebuah studi tahun 2020 menemukan, pria yang menjalani diet mediterania memiliki risiko lebih rendah terkena lemah syahwat atau impotensi.

Secara khusus, diet tersebut memang mengonsumsi sedikit daging merah atau daging olahan, dan mengedepankan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan ikan.

Penelitian tahun 2017 menemukan bahwa makan lebih banyak buah dan sayuran dapat menurunkan risiko lemah syahwat pada pria berusia 18-40 tahun.

2. Olahraga

Penelitian menunjukkan aktivitas fisik dapat membantu melindungi dan memperbaiki lemah syahwat. Penelitian tahun 2018 menemukan latihan aerobik sedang hingga intens selama 40 menit sehari, empat kali dalam seminggu selama 6 bulan mampu membantu mengurangi lemah syahwat. Hal tersebut termasuk berlari, jalan cepat, bersepeda, dan berenang.

Aktivitas fisik membantu meningkatkan kesehatan pembuluh darah, menurunkan stres, dan meningkatkan kadar testosteron yang semuanya ini dapat membantu mengatasi lemah syahwat.

3. Tidur

Penting bagi kesehatan untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam. Jika kesulitan tidur, menjadi salah satu tanda-tanda lemah syahwat yang harus diwaspadai. Menurut International Society for Sexual Medicine, hampir 70 persen pria yang mengidap sleep apnea juga mengalami impotensi.

Kurang tidur dapat menurunkan kadar testosteron yang bisa menyebabkan lemah syahwat. Kurang tidur yang terus menerus juga dikaitkan dengan kondisi seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

4. Terapi Seks

Dalam beberapa kasus, lemah syahwat dihasilkan dari masalah fisik dan psikologis. Sekitar 10-25 persen pada pria tidak mengetahui faktor lemah syahwat yang ia idap. Kondisi tersebut mungkin disebabkan oleh kondisi kesehatan mental seperti depresi atau kecemasan saat berhubungan seksual.

Studi tahun 2020 menemukan terapi seks dan pengobatan lemah syahwat efektif untuk mengurangi impotensi yang disebabkan karena kondisi mental.

5. Kurangi Stres

Stres dan kecemasan sering dikaitkan dengan lemah syahwat. Sebuah studi tahun 2019 menemukan stres adalah salah satu pemicu utama lemah syahwat selain kecemasan dan depresi. Studi tersebut menunjukkan stres yang berlebih dapat memengaruhi testosteron yang dapat menyebabkan lemah syahwat.

Studi lainnya tahun 2014 menjelaskan program mengelola stres selama 8 minggu bersamaan dengan pengobatan sangat efektif untuk memperbaiki lemah syahwat, dibandingkan hanya dengan pengobatan saja.

Lemah syahwat memang kondisi umum yang dapat mempengaruhi hubungan dengan pasangan dan kualitas hidup. Perawatan yang paling efektif sebenarnya dilihat dari penyebabnya, namun, cara mengatasi lemah syahwat yang alami ini juga dapat membantu memperbaiki lemah syahwat dan kesehatan secara keseluruhan.

Terima kasih telah membaca artikel

5 Cara Mengatasi Lemah Syahwat, Jangan Anggap Sepele Kebiasaan Ini