4 Kelebihan Masker N95, Bisa Menyaring Virus Lebih dari 95 Persen

Jakarta

Sejak virus Corona mewabah, masker menjadi salah satu perlengkapan wajib dalam menjalankan aktivitas di luar rumah. Masker N95 pernah menjadi salah satu masker yang paling dicari karena kelebihan masker N95 dalam memberikan perlindungan.

Sebenarnya, masker N95 adalah masker penutup wajah yang sudah biasa dipakai dalam dunia medis. Dalam prakteknya masker ini ditujukan untuk sekali pakai saja.

Masker N95 dibuat dari beberapa lapisan polimer plastik polipropilen yang kuat tetapi fleksibel dengan mengikuti standar dari Amerika Serikat.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 kelebihan masker N95:

1. Kemampuan filtrasi tinggi

Masker N95 diklaim memiliki kemampuan filtrasi yang tinggi, yakni lebih dari 95 persen menyaring partikel di udara yang mengandung virus berukuran 0,3 mikrometer. Bahkan beberapa masker bisa menyaring hingga lebih dari 99 persen.

Sebuah penelitian di tahun 2020 mengamati perbedaan tingkat penyebaran virus Corona berdasarkan jenis masker yang digunakan. Hasilnya, orang yang menggunakan masker N95 kemungkinan terinfeksi virus Corona hanya sekitar 1,5 persen.

2. Bentuk masker pas di wajah

Masker N95 sengaja dirancang pas atau rapat di wajah dengan adanya penjepit hidung dari logam yang dapat diatur sesuai keinginan. Tujuannya agar droplet atau partikel tidak bocor dari dalam dan luar masker.

3. Lebih mudah bernapas

Meskipun masker N95 dirancang lebih ketat sehingga tekanan dalam masker lebih rendah saat menghirup, masker ini tetap nyaman digunakan. Hal tersebut juga membuat bernapas lebih mudah dibandingkan dengan jenis masker serupa yaitu KN95.

4. Kualitas terjamin

Kelebihan masker N95 lainnya adalah mengikuti standar Amerika Serikat dan telah melewati serangkaian proses pemeriksaan dari pihak Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) serta persetujuan dari pihak FDA. Salah satu syaratnya adalah harus bisa menyaring partikel di udara minimal 95 persen.


Terima kasih telah membaca artikel

4 Kelebihan Masker N95, Bisa Menyaring Virus Lebih dari 95 Persen