11 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil, Catat Bun!

Daftar Isi

Jakarta

Saat dalam masa kehamilan, seorang ibu haruslah mencukupi nutrisinya dengan baik. Penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan.

Selain baik untuk janin, mengonsumsi buah-buahan juga membantu mencegah sembelit dan gejala umum selama kehamilan. Yuk, ketahui apa buah yang bagus untuk ibu hamil!

11 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil

Ada banyak buah-buahan yang memiliki nutrisi baik untuk ibu hamil. Apa saja?

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

1. Jeruk

Jeruk merupakan sumber folat atau asam folat. Menurut Healthline, folat sendiri adalah vitamin B yang sangat penting dalam membantu mencegah cacat otak dan sumsum tulang belakang.

Selain itu, jeruk juga mengandung vitamin C, antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel. Kandungan ini juga membantu tubuh menyerap zat besi.

2. Semangka

Mengutip Mom Love Best, semangka memiliki kandungan air tertinggi di antara buah yang lain, yaitu 92%. Semangka juga mengandung potasium, seng dan folat untuk mengatasi kram kaki di malam hari dan membantu perkembangan tulang belakang bayi.

3. Ceri

Ceri mengandung vitamin C dan juga melatonin yang membantu mengatur tidur ibu dan perkembangan otak bayi. Buah ceri juga merupakan buah yang paling rendah kalori. Sehingga, kamu bisa mendapat banyak nutrisi dan menghemat kalori

4. Alpukat

Alpukat mengandung lebih banyak folat dibandingkan buah lainnya. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin C, vitamin B, vitamin K, kalsium, serat, kolin, magnesium, kalium.

Kalium yang terkandung dalam alpukat bisa membantu meredakan kram kaki saat kehamilan. Seringkali, kram kaki disebabkan karena rendahnya kalium dan magnesium

Sementara, kolin penting untuk perkembangan otot dan saraf pada bayi. Kekurangan kolin bisa menyebabkan cacat tabung saraf dan gangguan memori seumur hidup.

5. Pisang

Selain alpukat, pisang merupakan sumber yang baik untuk kalium. Buah ini juga mengandung vitamin B6, vitamin C dan serat.

Mengkonsumsi pisang yang kaya serat bisa membantu mengatasi sembelit yang terjadi selama kehamilan. Selain itu, menurut penelitian, kandungan vitamin B6nya juga membantu meredakan mual dan muntah di awal kehamilan.

6. Buah Beri

Buah beri seperti blueberry, raspberry, stroberi dan goji beri mengandung karbohidrat, vitamin C, serat. Buah-buahan ini juga mengandung fitonutrien seperti flavonoid dan antosianin.

Karbohidrat memberi energi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Kandungan ini juga bisa dengan mudah melewati plasenta untuk memberikan nutrisi yang baik pada janin.

7. Pir

Mengutip Medical News Today, pir mengandung kalium, serat dan folat. Mengkonsumsi banyak serat saat kehamilan bisa membantu meringankan sembelit. Kaliumnya juga bermanfaat untuk kesehatan jantung bagi ibu dan bayi.

8. Delima

Buah delima mengandung nutrisi yang baik untuk ibu hamil seperti vitamin K, kalsium, folat, besi, protein dan serat. Buah ini menjadi sumber energi yang baik, dapat membantu mencegah kekurangan zat besi dan membantu menjaga kesehatan tulang.

9. Jambu Biji

Jambu biji mengandung vitamin C, vitamin E, polifenol, karotenoid, isoflavonoid dan folat. Buah ini mengandung kombinasi nutrisi yang bervariasi, sehingga ideal untuk ibu hamil. Mengkonsumsi jambu biji selama hamil bisa membantu mengendurkan otot, melancarkan pencernaan dan mengurangi sembelit.

10. Anggur

Buah anggur memiliki vitamin C, vitamin K, folat, antioksidan, serat, asam organik dan pektin. Nutrisi dalam buah ini bisa membantu mengatasi perubahan biologis selama kehamilan. Antioksidan yang meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mencegah infeksi.

11. Aprikot

Buah aprikot mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalsium, besi, kalium, beta karoten, fosfor dan silikon. Semua nutrisi ini membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi. Kandungan zat besi bisa mencegah anemia, sementara kalsium bisa membantu tumbuhnya tulang dan gigi yang kuat.

Itulah sebelas buah yang bagus untuk ibu hamil. Ibu tentunya masih bisa makan buah yang lain, kecuali yang memang dilarang tenaga kesehatan. Buah sebaiknya tidak dikonsumsi dengan campuran lain yang berbahaya bagi kesehatan kandungan, misal terlalu banyak garam.

Jangan lupa kontrol teratur dan jaga kesehatan ya. Semoga sehat selalu bunda.

Terima kasih telah membaca artikel

11 Buah yang Bagus untuk Ibu Hamil, Catat Bun!