Wapres Ma’ruf soal Peran Santri: Tanamkan Islam yang Moderat dan Toleran

Jakarta

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menjelaskan peran penting santri di tengah tantangan global saat ini. Ma’ruf Amin meminta agar santri bisa menjelaskan dan menanamkan Islam yang moderat dan toleran.

“Pertama, santri harus terus berperan untuk menjelaskan Islam yang rahmatan lil ‘alamiin. Dalam menjawab tantangan global dan kontemporer (al qodhoya al muashirah), santri harus mampu menjelaskan dan menjadi pembeda,” kata Ma’ruf Amin, dalam keterangan tertulis, Selasa (15/9/2020).

Ma’ruf Amin meminta agar para santri bisa menjelaskan karakter Islam yang toleran. Selain itu, santri juga harus mampu menanamkan pikiran yang moderat untuk melawan pikiran yang ekstrim.

“Menanamkan pemikiran yang moderat (tawasuth) dan melawan pemikiran yang ekstrim, dan mampu menjelaskan karakter-karakter Islam yang selalu berimbang (tawazun) dan toleran (tasamuh),” ucap Ma’ruf.

Kemudian Ma’ruf Amin juga berharap santri bisa menjadi agen perdamaian dunia. Dia berharap santri Indonesia bisa mengikuti jejak pemerintah Indonesia yang selalu menyuarakan perdamaian di dunia.

“Kita sering mendengar bagaimana Indonesia selalu bersuara lantang untuk terus membela Palestina. Kerja pemerintah di bidang diplomasi perlu didukung dan dilengkapi dengan apa yang disebut second track diplomacy,” terangnya.

“Di era digital ini diplomasi yang dimaksud tidak hanya berbentuk komunikasi langsung, tetapi juga bisa melalui media elektronik dan cetak,” tambahnya.

(maa/maa)

Terima kasih telah membaca artikel

Wapres Ma’ruf soal Peran Santri: Tanamkan Islam yang Moderat dan Toleran