Viral Polisi Patroli Dikepung Warga di Perkebunan Pakel Banyuwangi

Banyuwangi

Rombongan polisi Banyuwangi yang tengah patroli dikepung warga viral. Warga memprotes aktivitas polisi yang melakukan patroli di kawasan perkebunan Pakel, Kecamatan Licin.

Ini dikarenakan saat ini masih terjadi sengketa antara warga dengan pihak perkebunan Bumi Sari. Peristiwa penghadangan mobil patrol polisi ini terjadi pada Kamis (13/01/2022) malam sekitar pukul 24.00 WIB.

Video tersebut berdurasi 7 menit. Nampak rombongan polisi berseragam dinas diadang oleh puluhan warga yang mendirikan posko di perkebunan tersebut. Nampak seorang pria yang mengalami luka di bagian kepalanya. Luka tersebut disebut-sebut akibat dipukul oleh salah satu polisi yang tengah berpatroli.

“Iya bapak nggak mukul. Tapi temennya (polisi lainnya) yang mukul,” teriak seorang warga kepada pimpinan rombongan polisi tersebut.

Pendamping warga Pakel anggota Walhi Jatim, Usman Halimi, membenarkan peristiwa pengadangan tersebut. Pengadangan terjadi karena ada sejumlah warga yang diduga menjadi korban pemukulan oleh oknum polisi dan pihak keamanan perkebunan.

Perkebunan Pakel (Foto: Ardian Fanani)

“Semalam ada tiga warga dan satu mahasiswa solidaritas melakukan ronda di kebun wilayah sengketa, karena sering terjadi pengrusakan tanaman petani,” kata Usman.

Selang beberapa waktu, warga bertemu dengan mobil polisi yang tengah melakukan patroli di dalam kebun. Akhirnya oleh keempat warga tersebut mobil patroli polisi ini dihentikan untuk menanyakan maksud tujuan patroli pada tengah malam.

“Sempat dihentikan ditanya baik-baik. Maksudnya apa, masuk ke kebun malam-malam. Tapi ternyata keempatnya malah dipukul. Bahkan ada luka bocor di kepala,” cerita Usman.

“Ketika warga lari, polisi sempat mengeluarkan tembakan peringatan. Jadi dipukul gagang pistol akhirnya luka. Ada dua warga yang dipegang. Satu yang kena pukul tadi sama remaja usia 19 tahun,” ungkap Usman.

Saat mobil patrol polisi hendak keluar dari perkebunan inilah, warga yang tengah bersengketa dengan pihak perkebunan melakukan pengadangan dan meminta agar rekannya dilepaskan.

Terima kasih telah membaca artikel

Viral Polisi Patroli Dikepung Warga di Perkebunan Pakel Banyuwangi