Tingkat Keterisian Tempat Tidur Isolasi RS Rujukan COVID DKI 88%, ICU 83%

Jakarta

Tingkat keterisian tempat tidur isolasi di rumah sakit rujukan COVID-19 di DKI Jakarta disebut sudah 88 persen. Sedangkan keterisian tempat tidur di ruang ICU tercatat sudah 83 persen.

Kepala Dinas DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan data tersebut tercatat per (12/1). Saat ini ada 101 rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta.

“Jadi tempat tidurnya (isolasi) 7.546 per 12 Januari, kemudian ICU ada (tempat tidur) 1.012. Keterpakaiannya untuk isolasi 88 persen, dan ICU 83 persen,” ujar Widyastuti saat dihubungi, Selasa (12/1/2021).

Widyastuti menjelaskan 28 persen pasien yang ada di 101 rumah sakit rujukan COVID-19 merupakan bukan warga DKI. Menurutnya, hal tersebut merupakan bagian dari pemberian layanan fasilitas kesehatan kepada siapa saja bagi mereka yang membutuhkan.

“DKI Jakarta itu 28 persen terisi oleh warga luar DKI, tentu kami berbagi dengan siapapun yang membutuhkan,” katanya.

Lebih lanjut, Widyastuti mengatakan sebelum ada pandemi COVID-19 tingkat keterisian rumah sakit di DKI sudah lebih dari 50 persen. Artinya, tanpa adanya wabah pun keterisian rumah sakit di Jakarta sudah tinggi.

“Keterisian tempat tidur di DKI Jakarta tahun sebelumnya itu 64 persen. Artinya, pada saat tidak ada COVID, angka keterpakaian tempat tidur itu sudah terisi penyakit yang lain,” katanya.

(man/gbr)

Terima kasih telah membaca artikel

Tingkat Keterisian Tempat Tidur Isolasi RS Rujukan COVID DKI 88%, ICU 83%