Tindak Lanjuti Arahan Presiden, Menpora Dito Bentuk Tim Pelayanan Kepemudaan

Jakarta

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotejdo membantuk Tim Koordinasi Nasional Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan. Pembentukan tim ini sekaligus menjalanlan arahan Presiden Jokowi untuk bisa memaksimalkan pelayanan kepada unsur kepemudaan.

Pembentukan tim tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Pemuda dan Olahraga RI Nomor 66 Tahun 2024 tentang Pembentukan Sekretariat Tim Koordinasi Nasional Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan dan Tim Asistensi Kelompok Kerja Tim Koordinasi Nasional Pelayanan Kepemudaan.

Dalam lampiran Kepmen itu, tercantum lima kelompok kerja yang nantinya bakal melakukan penanganan khusus kepada bidang-bidang tertentu. Dito mengatakan pemilihan personel di tiap kelompok kerja berdasarkan pada kemampuan dan pengalaman yang dimiliki selama ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Alhamdulillah, kami telah meluncurkan Kepmen tentang pembentukan Sekretariat tim koordinasi nasional penyelenggaraan pelayanan kepemudaan dan tim asistensi Pokja penyelenggaraan pelayanan kepemudaan,” kata Dito dalam keterangan tertulisnya, Kamis (27/6/2024).

Dito menjelaskan lahirnya tim tersebut merupakan langkah cepat dari pihaknya untuk menjalankan amanah dan arahan dari Jokowi. Arahan tersebut yakni memaksimalkan pelayanan kepada unsur kepemudaan.


ADVERTISEMENT

“Kami berharap tugas sesuai Kepmen itu nantinya bisa dijalankan dengan maksimal dan bisa memberikan ruang lebih kepada anak-anak muda untuk bisa berkembang, maju dan makin berdampak kepada bangsa ini dengan layanan-layanan yang nantinya akan diberikan melalui Kemenpora, sebagai otoritas tertinggi kepemudaan di tanah air,” ujarnya.

Kelompok kerja yang dibentuk itu antara lain di bidang pendidikan, bidang kesehatan dan kesejahteraan, bidang kesempatan dan lapangan kerja, bidang partisipasi dan kepemimpinan, serta bidang gender dan diskriminasi.

“Bismillah, semoga tim bisa berjalan maksimal dan mari bersama-sama anak muda turut serta secara maksimal untuk mewujudkan target besar Pak Presiden Jokowi, yakni Indonesia emas 2045 ,” ucap Dito.

Berikut Susunan Tim Koordinasi Nasional Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan dan Tim Asistensi Kelompok Kerja Tim Koordinasi Nasional Pelayanan Kepemudaan Kemenpora 2024:

Kelompok Kerja Bidang Pendidikan
-Andhyta Firselly Utami (Direktur Utama Think Policy)
-Romzi Ahmad (Asisten Tim Staf Khusus Presiden RI)
-Elisa Sugito (Direktur Women’s -Empowerment & Human Rights)

Kelompok Kerja Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan
-Nabhan Aiqani (Peneliti Bisnis dan Hak Asasi Manusia Setara Institute)
-Marsya Nurmaranti (Direktur Eksekutif Indorelawan)

Kelompok Kerja Bidang Kesempatan dan Lapangan Kerja
-Ferro Ferizka Aryananda (Direktur Utama Pijar Foundation)
-Anis Saadah (Founder Innocircle Initiative)
-Muhammad Affin Bahtiar (Founder Abdi Muda)

Kelompok Kerja Bidang Partisipasi dan Kepemimpinan
-Hari Akbar Apriawan (Direktur Eksekutif Indonesia Resilience)
-Dharmaji Suradika (Direktur Utama Pemimpin.id)
-Fathkul Manan (Ketua Dewan Kerja Nasional Gerakan Pramuka 2018-2023)

Kelompok Kerja Bidang Gender dan Diskriminasi
-Anggi Wahyuda (Komika dan Kreator Konten)
-Fayanna Ailisha Daviany (Direktur Utama Self Grow Indonesia)

(eva/ygs)

Terima kasih telah membaca artikel

Tindak Lanjuti Arahan Presiden, Menpora Dito Bentuk Tim Pelayanan Kepemudaan