Sidang Pemeriksaan Peninjauan Kembali Ahok, Polisi Apel

Artikel Unik – Polisi mengadakan apel pengamanan untuk menyambut sidang pemeriksaan berkas peninjauan kembali (PK) terpidana kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Apel diadakan di halaman Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Terlihat pada pukul 07.00 WIB di Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat. Senin 26 Febuari 2018, sejumlah polisi tengah berkumpul untuk ikut apel. Nampak Kapolres Jakarta Pusat Kombes Roma Hutajulu pun turut hadir memberikan arahan.

Kendaraan taktis milik kepolisian sudah disiagakan. Personel TNI pun ikut serta diperbantukan untuk pengamanan sidang PK Ahok ini. Lalu, arus lalu lintas di sekitar lokasi tersebut masih terpantau ramai lancar. Ada petugas juga berdiri yang berdiri di sisi jalan untuk mengatur lalu lintas.

Selain itu, massa kemungkinan akan melakukan aksi unjuk rasa ketika sidang pemeriksaan berkas PK Ahok dilaksanakan. Sebanyak 5.000 massa diprediksikan akan hadir lewat inisiasi Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama serta Persaudaraan Alumni (PA) 212.

“Tolong diinfokan kepada umat, masyarakat, bahwa GNPF ulama dan Persaudaraan Alumni 212 mengundang seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Jakarta, baik muslim maupun nonmuslim, untuk mengawal sidang dalam rangka menolak PK Ahok. Kita suport hakim untuk menolak PK Ahok,” seru Al Khaththath.



Lihat juga: Aplikasi Baru Gojek

Pihak dari Bapak Ahok mendaftarkan PK pada tanggal 2 Februari 2018 lalu. PK diajukan berdasarkan referensi dari putusan Buni Yani. Sidang pemeriksaan berkas PK Ahok ini akan dipimpin oleh 3 hakim, yakni Mulyadi, Tugianto, dan Salman Alfaris. Sedangkan dari pihak kejaksaan sendiri, kemungkinan menunjuk jaksa Ali Mukartono, yang ialah ketua tim jaksa penuntut umum (JPU) kasus Ahok dalam perkara penodaan agama tersebut.

Sidang pemeriksaan berkas perkara (PK) Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan diselenggarakan pagi hari 26 Febuari 2018. Berlokasi di eks Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat di Jl Gajah Mada, Jakarta Pusat. Demi melancarkan arus lalu lintas di sekitar lokasi, Polisi membuat rekayasa arus lalu lintas.

“Dalam rangka untuk tetap mempertahankan situasi Kamseltibcar lantas berkaitan dengan Sidang PK di Pengadilan Negeri Jalan Gajah Mada, hari ini telah dipersiapan pengaturan lalu lintas,” jelas Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto kepada detikcom, Senin (26/2/2018).

Sidang Pemeriksaan Peninjauan Kembali Ahok

Budiyanto menyampaikan, rekayasa ini dibuat karena pertimbangan akan adanya rencana masyarakat yang akan melakukan aksi demo di sekitar pengadilan. Rekayasa lalu lintas perlu dilakukan dengan bertahap, melihat situasi kondisi di lapangan.

“Dalam situasi normal arus lalu luntas dari Harmoni arah utara Jl Gajah Mada berlaku seperti biasa,” imbuhnya.

Berikut info rekayasa lalu lintas yang berhasil didapatkan tersebut:

– Arus lalu lintas dari arah Istana akan dilakukan penyaringan, sebagian dialihkan ke Jln Hasyim Ashari, kemudian sebagian yang lain akan diputar balikan di Jembatan Alayidrus – Harmoni – Juanda – Pasar baru. Jika masih ramai dan terhambat, beberapa akan diluruskan untuk mendorong massa jangan sampai menutup jalan

– Arus lalu lintas dari Jl Ketapang arah Harmoni berjalan normal.

Dihimbau kepada masyrakat Ibukota Jakarta juga untuk tetap waspada dan jika memungkinan untuk menghindari daerah rawan macet yang mungkin akan bisa total terhambat pada hari ini.

Terima Kasih
IDRTimes.com

Komentar Anda
%d blogger menyukai ini: