Sensasi Sutarman Ubah Lambang Pancasila-Cetak Uang Berujung Dibui

Garut

Sensasi yang dibuat oleh Paguyuban Tunggal Rahayu lewat sang pemimpin, Mister Sutarman, dengan berbagai hal anehnya, kini berakhir. Sutarman akhirnya ditetapkan polisi sebagai tersangka dan dibui.

Kemunculan Sutarman dan Paguyuban Tunggal Rahayu yang dipimpinnya mulai terbongkar kala mereka mendaftar ke Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Garut awal September lalu. Di Kesbangpol, mereka memohon izin legalitas.

Keanehan mulai terkuak saat petugas memeriksa berkas organisasi Paguyuban Tunggal Rahayu kala itu. Petugas menemukan kejanggalan pada lambang organisasi, di mana, lambang tersebut identik dengan lambang Garuda Pancasila. Hanya saja, kepala burung pada lambang paguyuban menghadap ke depan.

Hal tersebut kemudian membuat geger. Di sisi lain, para pengikut Sutarman eksis di media sosial dengan mengunggah beragam dokumentasi berupa foto dan video aktivitas paguyuban yang bermarkas di Kecamatan Cisewu itu.

Uang bergambar Mister Sutarman. (Foto: istimewa)

Aksi Sutarman tak berhenti sampai di situ. Dia belakangan diketahui memproduksi uang sendiri. Uang tersebut merupakan uang rupiah jadul milik Pemerintah RI yang diedit.

Setidaknya ada dua uang yakni pecahan seribu dan sepuluh ribu yang dicetak Sutarman. Di kedua uang tersebut, nampak jelas wajah sang pemimpin. Di bagian lain, terdapat kata ‘Kun Fayakun’ serta lafaz Allah SWT.

Terima kasih telah membaca artikel

Sensasi Sutarman Ubah Lambang Pancasila-Cetak Uang Berujung Dibui