Saat Moeldoko Ajak Kartolo Pakai Kaus Angel Temen Tuturanmu

Surabaya

Mangan telo sak godonge, weruh Cak Kartolo, duh gantenge. Parikan (pantun jawa) itu disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko ketika bertemu seniman Ludruk, Cak Kartolo.

Moeldoko mampir ke rumah Kartolo saat kunjungan kerja di Jawa Timur. Kunjungan Moeldoko ke Jawa Timur membawa misi penting, yakni melakukan komunikasi isu-isu strategis dan monitoring evaluasi penanganan COVID-19.

Kantor Staf Presiden (KSP) ingin mendapat masukan Cak Kartolo, tentang kondisi masyarakat saat menghadapi pandemi COVID-19. KSP juga mengajak para seniman tradisional menyampaikan pentingnya memakai masker, untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona.

Moeldoko kemudian mengajak Kartolo menggunakan kaus bertuliskan ‘Maskeran Rek..! Angel Temen Tuturanmu‘. Yang artinya ‘Ayo Pakai Masker…! Susah Betul Menasihatimu’.

Kalimat yang sudah ikonik dan populer di media sosial ini menjadi bagian dari kearifan lokal juga. “Biar gampang menyentuh masyarakat,” kata Moeldoko dalam pertemuan dengan sejumlah pimpinan media di Jawa Timur, Kamis (3/9/2020).

Moeldoko mengenakan kaus bertuliskan pesan khas Kartolo sebagai upaya sosialisasi penggunaan masker di Jawa Timur. Sedangkan Cak Kartolo menjelaskan, kata-kata tersebut biasanya digunakan untuk menasihati anak.

“Iku kata-katane Cak Basman, nuturi anake sing cengkal (Itu kata-kata Pak Basman yang sulit ngasih tau anaknya),” ujar Kartolo yang dikenal sebagai legenda Ludruk dan komedian.

Di samping sosialisasi memakai masker, agenda penting Moeldoko yakni ingin mendengar masukan tentang kondisi penanganan COVID-19 dari perspektif pimpinan media. “Sekaligus saya juga ingin mendengar langsung bagaimana kondisi media-media di Jawa Timur,” imbuh Moeldoko.

Ketua PWI Jawa Timur Ainurrohim menyampaikan, pemerintah perlu melakukan pemberdayaan masyarakat di tingkat RT RW. Aspek sosial dan ekonomi di tingkat bawah yang paling tahu, juga ketua maupun pengurus RT RW.

Terima kasih telah membaca artikel

Saat Moeldoko Ajak Kartolo Pakai Kaus Angel Temen Tuturanmu