Rusia Hukum Bintang Basket AS 9 Tahun Penjara Gegara Kasus Narkoba

Moskow

Pengadilan Rusia menyatakan bintang bola basket Amerika Serikat (AS) Brittney Griner bersalah karena menyelundupkan dan menyimpan obat-obatan terlarang. Pengadilan menjatuhkan hukuman 9 tahun penjara kepada Griner.

Dilansir AFP, Kamis (4/8/2022), Pengadilan ‘menyatakan terdakwa bersalah’ karena menyelundupkan dan memiliki ‘narkotika dalam jumlah yang signifikan’. Putusan itu dibacakan hakim Anna Sotnikova di pengadilan di kota Khimki di luar Moskow.

Sotnikova menghukum Griner (31) sembilan tahun penjara dan mengatakan dia juga harus membayar denda 1 juta rubel. Bintang basket itu ditahan di bandara Moskow pada Februari lalu setelah dia ditemukan membawa kartrid vape dengan minyak ganja di bagasinya.


Penangkapan itu terjadi hanya beberapa hari sebelum Moskow melancarkan intervensi militernya di Ukraina. Jaksa sebelumnya telah meminta dua kali peraih medali emas bola basket Olimpiade dan juara NBA Wanita itu dijatuhi hukuman sembilan setengah tahun penjara atas tuduhan penyelundupan narkoba.

Pengadilan Griner digelar dengan ketegangan yang meningkat antara Moskow dan Washington atas intervensi militer Rusia di Ukraina yang telah memicu kecaman internasional dan serangkaian sanksi Barat.

“Saya membuat kesalahan, jujur dan saya berharap keputusan Anda tidak mengakhiri hidup saya di sini,” kata Griner.

“Saya ingin pengadilan memahami bahwa itu adalah kesalahan jujur yang saya buat saat terburu-buru, di bawah tekanan, mencoba pulih dari pasca-COVID dan hanya mencoba untuk kembali ke tim saya,” sambungnya.

Persidangan Griner telah dipercepat dalam beberapa hari terakhir ketika Amerika Serikat dan Rusia membahas potensi pertukaran tahanan yang dapat melibatkan bintang bola basket itu.

“Saya meminta pengadilan untuk memutuskan Griner bersalah dan menghukumnya sembilan tahun enam bulan penjara,” kata jaksa Nikolay Vlasenko, meminta hukuman yang lebih pendek dari hukuman maksimum 10 tahun.

Vlasenko mengatakan Griner ‘dengan sengaja’ berjalan melalui koridor hijau di bea cukai dan menyatakan bahwa dia tidak memiliki apa pun ‘untuk menyembunyikan’ bawaannya.

Griner berjalan ke ruang sidang dengan tangan diborgol dan dikawal oleh beberapa petugas penegak hukum serta seekor anjing polisi.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Terima kasih telah membaca artikel

Rusia Hukum Bintang Basket AS 9 Tahun Penjara Gegara Kasus Narkoba