Romo Benny Dukung Kategori Hoegeng Awards Diperluas

Jakarta

Tiga orang polisi menjadi penerima Hoegeng Awards 2022. Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo mendorong supaya kategori Hoegeng Awards tahun depan bisa diperluas.

“Harusnya diperluas, kategori Hoegeng Awards itu kan banyak sisi,” kata Romo Benny usai acara Hoegeng Awards di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022).

Romo Benny memandang, kategori penghargaan mesti menginterpretasikan figur Jenderal Hoegeng secara keseluruhan. Selain dikenal sebagai polisi berintegritas yang jujur serta mengayomi masyarakat, kata dia, sosok Hoegeng juga dikenal sebagai pemimpin yang kata dan ucapannya sejalan.

“Hoegeng sebagai figur publik, di mana dia antara kata dan tindakan satu. Sehingga bisa dikategorikan polisi-polisi yang punya integritas harus dapatkan penghargaan, tapi juga dikaitkan dengan masyarakat umum yang meneladani sikap Hoegeng,” jelasnya.

Romy Benny memiliki harapan kepada institusi Polri yang tahun ini genap berusia 76. Dia berpesan supaya Polri terus menyesuaikan diri melalui terobosan inovatif dan menguasai 3 pokok.

Yaitu kemampuan menyampaikan pesan ke publik melalui keteladanan, kemampuan memanfaatkan teknologi untuk mengatasi kejahatan serta menguasai digitalisasi.

“Dari semua itu polisi harus punya patos. Patos tidak hanya punya pengetahuan dan etos tapi patos, seperti Hoegeng yang merasakan penderitaan masyarakat. Yang dekat dengan rakyat. Polisi yang mengayomi. Itu yang perlu ditingkatkan,” ucapnya.

Terakhir, Romo Benny juga berharap Polri di bawah komando Kapolri Jenderal Listyo Sigit mampu mengaktualisasi nilai-nilai baik yang ditanamkan Jenderal Hoegeng.

“Saya harap Jendral Sigit mampu mengaktualisasikan nilai-nilai spirit Hoegeng agar setiap komisi meneladani. Sehingga mesti dirumuskan ulang nilai-nilai yang harus dilakukan polisi dalam atasi masalah. Gimana masalah itu lebih cepat dan efisien, gimana polisi dekat dengan masyarakat. Hoegeng itu jadi satu sistem nilai,” tandasnya.

Prosesi pemberian Hoegeng Awards itu digelar di The Tribrata Darmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (1/7/2022). Hadir di acara ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hingga Chairman of CT Corp Chairul Tanjung (CT).

Diketahui, acara Hoegeng Awards 2022 telah mengumumkan tiga sosok polisi teladan. Berikut daftarnya:

Polisi Berdedikasi

– Kanit Binmas Polsek Muara Gembong Aipda Rohimah

Polisi Inovatif

– Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto

Polisi Berintegritas

– Kapolda Gorontalo Irjen Akhmad Wiyagus.

Terima kasih telah membaca artikel

Romo Benny Dukung Kategori Hoegeng Awards Diperluas