Ribuan Prajurit di Mabes TNI Divaksinasi COVID-19, Begini Suasananya

Jakarta

Program vaksinasi di Indonesia tahap dua terus berlanjut. Kini ribuan prajurit Mabes TNI yang mulai divaksinasi COVID-19.

Pantauan detikcom, sejumlah personel TNI melakukan vaksinasi COVID-19 di gedung Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (3/3/2021), dari sekitar pukul 08.00 WIB tadi. Sebelum divaksin, mereka antre di luar gedung untuk melakukan registrasi.

Usai melakukan tahapan registrasi, para personel TNI ini dipanggil dengan pengeras suara untuk discreening. Tensi darah para prajurit TNI dicek oleh tenaga kesehatan (nakes).

Prajurit Mabes TNI Disuntik Vaksin COVID-19 Foto: Sachril/detikcom

Setelah discreening, aparat TNI ini disuntikkan vaksin COVID-19. Setelah divaksin, mereka harus menjalani observasi untuk mengetahui apakah ada gejala dari penyuntikan vaksin ini.

“Dan kita bersyukur bahwa yang kita rencanakan dari Mabes TNI, jadi UO (unit organisasi) Mabes TNI (yang divaksin) sejumlah 9.396 prajurit,” kata Kapuskes TNI Mayjen Tugas Ratmono.

Tugas menjelaskan hari ini adalah hari ketiga pelaksanaan vaksinasi di Mabes TNI. Dia menerangkan mereka yang disuntikkan vaksin adalah petugas yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

“Untuk saat ini (yang divaksin) adalah untuk para prajurit, yang tentunya ini petugas langsung yang berhadapan dengan publik atau termasuk untuk pendisiplinan masyarakat, 3M dan juga untuk membantu untuk tracer dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Ribuan Prajurit di Mabes TNI Divaksinasi COVID-19, Begini Suasananya Konpers Kapuskes TNI Mayjen Tugas Ratmono Foto: Sachril/detikcom

Dia pun mengatakan vaksinasi ke prajurit TNI ini adalah tahap kedua pemberian vaksin usai sebelumnya disuntikkan ke para nakes. Ditargetkan, kata dia, penyuntikan vaksin COVID-19 ke personel Mabes TNI selesai dalam 4 hari ke depan.

“Pagi hari ini di Mabes TNI tepatnya di GOR Ahmad Yani kita laksanakan vaksinasi secara massal. Dan ini sudah hari ketiga. Jadi kita harapkan hari ini bisa 1.500 (prajurit disuntik), tapi tadi sasaran ditetapkan 1.200. Tapi kita nanti kalau kecukupan waktu tentunya 1.500 bisa laksanakan. Nah hari ini sampai 4 hari ke depan kita akan selesaikan untuk prioritas tahap 2 ini, (yakni ke) 9.396 orang atau prajurit,” tandas dia.

(sab/knv)

Terima kasih telah membaca artikel

Ribuan Prajurit di Mabes TNI Divaksinasi COVID-19, Begini Suasananya