Rekor Kepedihan! 101 Pemakaman Prokes COVID-19 di Klaten dalam Sehari

Klaten

101 jenazah dimakamkan dengan protokol kesehatan (prokes) COVID-19 di Klaten dalam satu hari, Rabu (21/7). Jumlah itu merupakan angka tertinggi selama penanganan pemakaman kasus COVID-19 di masa pandemi Corona.

“Iya mencapai 101 jenazah. Iya ini terbanyak, semoga cukup ini yang terbanyak dan tidak pecah rekor lagi,” ungkap Koordinator Pemakaman Posko Dukungan Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten Sasongko Agung Wibowo kepada detikcom, Kamis (22/7/2021) pagi.

Agung mengatakan jumlah itu tertinggi sebab angka terbanyak pekan lalu pernah sampai angka 95 jenazah. Dari 101 jenazah tersebut mayoritas positif dari rapid. “Mayoritas antigen positif. Jumlah sebanyak itu ada yang dari Klaten tapi ada yang kiriman dari luar Klaten tapi data masuk ke posko,” papar Agung.

Secara jumlah, terang Agung, yang dari luar Klaten hanya sedikit dan didominasi dari Klaten. Dari luar hanya berkisar tidak ada 1 persen.

“Dari luar tidak ada 1 persen. Dari jumlah itu yang meninggal di rumah cukup banyak, jika di persentase sekitar 18 persen dan sisanya di RS,” imbuh Agung.

Untuk penanganan, terang Agung, semua data masuk ke Posko dukungan induk kabupaten. Tetapi penanganan sebagian sudah oleh tim daerah.

“Aman dan lancar sejauh ini penanganan. Beberapa kita selesaikan pagi ini baik oleh teman teman di wilayah maupun dari posko induk,” imbuh Agung.

Agung mengimbau masyarakat untuk tetap taat protokol kesehatan. Semua harus saling membahu sebab kondisi saat ini ibarat perang.

“Kami hanya bisa memberikan himbauan, taati prokes, jaga diri berarti sekaligus menjaga keluarga, teman, saudara dan semua manusia. Kita ibarat perang harus menang fisik dan pikiran serta doa jangan lupa,” lanjut Agung.

Tim relawan posko dukungan Satgas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Klaten, Heru Thebrey Santosa membenarkan jumlah penanganan sehari 101 jenazah.

“Betul 101 jenazah. Rekor,” ungkap Heru kepada detikcom via pesan WhatsApp.

Pantauan detikcom di laman Instagram SAR Kabupaten Klaten di @sarkabklaten hari Rabu (21/7) angka tertera jumlah pemakaman 101 orang. Di bawah postingan data disertai kalimat,” data pemulasaraan dan pemakaman jenazah dengan protokol kesehatan COVID 19 hari Rabu tanggal 21 Juli 2021.

(mbr/mbr)

Terima kasih telah membaca artikel

Rekor Kepedihan! 101 Pemakaman Prokes COVID-19 di Klaten dalam Sehari