Pemudik Tiba di Pelabuhan Bajoe Sulsel Meningkat 100 Persen Hari Ini

Bone

Pemudik yang tiba di Pelabuhan Bajoe, Sulawesi Selatan meningkat jelang larangan mudik yang akan diberlakukan besok. Peningkatan itu terjadi hingga 100 persen.

“Dari data yang kami himpun, untuk hari ini terjadi lonjakan penumpang yang naik hingga 100 persen. Jadi, jika kemarin jumlah penumpang dalam satu kapal hanya seratusan, sekarang mencapai 300 an,” kata Koordinator Posko Petugas Gabungan Pengamanan Pelabuhan, Kompol Haris Muhammad, di Pelabuhan Bajoe, usai menggelar Operasi Pengamanan, Rabu (5/5/2021) dini hari.

Dari pantauan detikcom di lokasi, pihak petugas gabungan mulai melakukan operasi penyekatan dan pemeriksaan di Pelabuhan Bajoe, Upaya pemeriksaan dilakukan secara berlapis.

Para penumpang yang mayoritas bertujuan untuk mudik ini kemudian diarahkan ke titik pemeriksaan kesehatan untuk dilakukan rapid test sebelum diizinkan keluar dari lokasi pos penjagaan petugas.

Petugas pengamanan di lokasi, Haris, mengatakan proses pengetatan dan pemeriksaan akan terus dilakukan bagi seluruh penumpang yang tiba. Meski nantinya mengalami penurunan operasi itu akan terus berlanjut.

“Kami perkirakan untuk hari ini jumlah penumpang akan turun. Namun kami akan terus melakukan Operasi Pengetatan dan Pemeriksaan kepada para penumpang yang tiba,” kata Haris.

Sementara, salah satu pemudik bernama Mansur mengaku dirinya sengaja mudik pada hari ini. Karena untuk menghindari larangan mudik.

“Penumpang memang banyak pak, tapi mau diapa. Kami sekeluarga harus pulang ke kampung halaman sebelum terlambat, karena besok tanggal 6 Pelabuhan katanya sudah ditutup dan dilarang mudik,” ujar Mansur di lokasi.

Seperti diketahui, kebijakan larangan mudik mulai berlaku besok. Pemberlakuan itu terjadi pada 6-17 Mei 2021.

(eva/eva)

Terima kasih telah membaca artikel

Pemudik Tiba di Pelabuhan Bajoe Sulsel Meningkat 100 Persen Hari Ini