Pemprov DKI Berharap Pelapor di JAKI Juga Pertimbangkan Keselamatan Diri

Jakarta

Pemprov DKI melakukan investigasi dugaan bocornya data pelapor pelanggaran PPKM darurat via aplikasi JAKI. Investigasi sudah berjalan di inspektorat.

“Terkait dengan adanya dugaan kebocoran data pelapor, saat ini telah dilakukan upaya investigasi yang sedang berjalan di Inspektorat Provinsi DKI Jakarta,” ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta, Atika Nur Rahmania, dalam keterangannya, Kamis (15/7/2021).

Dia berharap warga tetap tidak ragu berpartisipasi dalam menegakkan disiplin PPKM darurat salah satunya melapor via JAKI. Atika mengingatkan konten yang dilaporkan harus bisa dipertanggungjawabkan.

“Harus tetap mempertimbangkan aspek keselamatan diri dengan menghindari konten pelaporan yang dapat menimbulkan dugaan dan mengarahkan pada keberadaan pelapor,” tegas Atika.

Atika sekali lagi menekankan Pemprov DKI menjamin kerahasiaan identitas pelapor.

“Perlu ditegaskan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjamin keamanan atas seluruh data identitas pelapor yang masuk melalui aplikasi JAKI,” kata Kadis Kominfotik DKI, Atika Nur Rahmania, dalam hak jawab Pemprov DKI menanggapi pemberitaan ‘LPSK Minta JAKI Tanggung Jawab Akibat Identitas Pelapor Anonim Bocor’, Kamis (15/7/2021).

Dia menyebut Pemprov DKI telah melakukan proteksi dan menjaga identitas pelapor terkait dugaan kebocoran data. Atika menerangkan kerahasiaan identitas pelapor terjamin melalui fitur ‘sembunyikan pelapor’ di aplikasi JAKI dan pengembangan sistem cepat respons masyarakat versi 2.

“Dengan fitur ini laporan tidak akan ditampilkan di kanal manapun, baik JAKI maupun pengaduan warga,” terangnya.

Dia berharap agar isu dugaan kebocoran identitas pelapor via JAKI bisa dipaparkan dengan lengkap.

“Agar dapat memberitakan isu dugaan kebocoran identitas pelapor ini secara berimbang dengan memperhatikan kaidah jurnalistik dengan mengangkat fakta-fakta yang sudah terkonfirmasi dari pihak-pihak terkait dan berwenang untuk memberikan penjelasan secara detail,” katanya.

(idn/fjp)

Terima kasih telah membaca artikel

Pemprov DKI Berharap Pelapor di JAKI Juga Pertimbangkan Keselamatan Diri