Pemprov DKI Akan Lakukan Langkah Ini Dalam Waktu Dekat untuk Kendalikan Banjir

Jakarta

Pemprov DKI menganggarkan dana lebih dari Rp 1 triliun untuk mengendalikan banjir di Jakarta. Dalam waktu dekat Pemprov DKI akan memprioritaskan untuk pelebaran tampungan air terlebih dahulu.

“Banjir ini situasi sekarang kita yang utama itu akan memperbesar volume tampungan air, caranya pertama melakukan pengerukan 13 sungai waduk, embung, kemudian got-got, gor0ng-gorong, semua kita perluas volumenya,” kata Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria, kepada detikcom, Sabtu (25/10/2020).

Kemudian membuat codetan untuk mengalirkan air. Ditambah dengan melakukan penyedotan air untuk memindahkan ke tempa lain untuk kemudian diteruskan ke laut.

“Kemudian memperluas tampungan air dengan cara mengalirkan air, dengan membuat codetan-codetan. Lalu perluas volume dengan cara menyedot air memindahkan ke tempat lain supaya diteruskan sampai ke laut,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pemprov DKI kata Riza juga akan membuat sumur resapan serta drainase vertikal. Tidak lupa juga dengan mengadakan alat pompa yang telah rusak. Riza mengatakan rencana ini akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Kemudian memperluas tampungan dengan cara juga membuat sumur resapan dan drainase vertikal. Itu juga yang dilakukan, kemudian juga untuk mencapai itu semua, dibutuhkan pompa,ada pengadaan pompa ada yang diperbaiki pompa-pompa. Iya tahun ini dong (dilakukan),” ujarnya.

(eva/dwia)

Terima kasih telah membaca artikel

Pemprov DKI Akan Lakukan Langkah Ini Dalam Waktu Dekat untuk Kendalikan Banjir