Panas! Akhyar dan Bobby Saling Serang soal Anggaran Rp 30 Triliun

Medan

Debat panas terjadi saat Akhyar Nasution dan Bobby Nasution saling serang soal anggaran Rp 30 triliun. Saling serang berawal dari pertanyaan Akhyar ke Bobby.

“Saudara ada mengatakan bahwasanya ada anggaran Rp 30 triliun di Medan. Kami nggak tahu, mohon penjelasan angka Rp 30 triliun itu dari mana?” tanya Akhyar ke Bobby dalam debat Pilkada Medan, Sabtu (21/11/2020).

Bobby kemudian menjawab. Dia mengatakan Rp 30 triliun itu berasal dari APBD Medan selama 5 tahun terakhir.

“Saya juga ikut bingung kalau uda (paman) nggak tahu dari mana Rp 30 triliun. Yang saya tahu, 1 tahun kurang lebih Medan punya anggara lebih dari Rp 6 triliun dan masa jabatan 5 tahun. Jadi pembangunan dalam satu periode berarti anggaran kurang lebih Rp 30 triliun, harusnya ada progres,” ucap Bobby.

Dia mengatakan masyarakat tidak tahu ke mana anggaran selama ini. Bobby berjanji membuat transparansi angaran di Medan.

“Kalau pemimpinnya saja tidak tahu, bagaimana masyarakat?” ucapnya.

Akhyar kemudian menepis Bobby. Dia memaparkan penggunaan anggaran selama 4 tahun terakhir.

“Sayang sekali, informasi tersebut datanya perlu dikoreksi. Tahun 2016, realisasi APBD Medan sekitar Rp 4,3 triliun. Tahun 2017, realisasi APBD Medan sekitar Rp 4,4 triliun, 2018 sekitar Rp 4,25 triliun, 2019 sekitar Rp 5,05 triliun. Jadi masih 4 tahun anggaran itu hanya sekitar Rp 18 triliun,” ucap Akhyar yang merupakan Wakil Wali Kota Medan petahana.

Dia juga mengklaim Medan sudah transparan. Dia mengatakan pemimpin harus bekerja dengan data.

“Jadi ini medan transparan ada, tinggal buka website ada, tercantum. Jadi data yang tidak benar harus diperbaiki, pemimpin harus sampaikan data benar. Jangan berdasar perkiraan, by data, pemimpin harus bekerja dengan data,” ucapnya.

(haf/haf)

Terima kasih telah membaca artikel

Panas! Akhyar dan Bobby Saling Serang soal Anggaran Rp 30 Triliun