Nyalakan Flare-Petasan, Massa Buruh Bubar dari Patung Kuda

Jakarta

Aksi unjuk rasa sejumlah serikat buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, telah selesai. Massa sudah mulai membubarkan diri.

Pantauan detikcom, Sabtu (1/5/2021), massa membubarkan diri pukul 17.00 WIB. Sebelum bubar, massa menyalakan flare dan petasan. Mereka juga menyanyikan lagu Internasionale.

Setelah itu massa berangsur bubar. Jalan Budi Kemulyaan mulai dibuka, pembatas cone mulai diangkat dari tengah jalan.

(Yogi Ernes/detikcom)

Begitu juga Jalan Medan Merdeka Barat sudah mulai dibersihkan dan pembatas jalannya mulai diangkat polisi. Jalan akan segera dibuka dan dapat dilintasi kendaraan.

Massa yang berasal dari Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) sebelumnya duduk menutup Jalan Medan Merdeka Barat. Satu mobil komando pun berada di lokasi dengan orator menyampaikan protes-protes terkait UU Cipta Kerja mulai dari upah hingga jam kerja yang dinilai merugikan buruh.

“UU Cipta Kerja Adalah Wujud Pengabaian Pemerintah Pada Buruh Perempuan,” salah satu isi poster buruh.

Nyalakan Flare-Petasan, Massa Buruh Bubar dari Patung Kuda (Yogi Ernes/detikcom)

Sejumlah polisi mengenakan pakaian medis tampak mengawasi aksi massa tersebut. Para buruh di lokasi tetap diminta untuk menjaga jarak mengikuti protokol kesehatan.

Sebelumnya pada pagi hari tadi, Wakil Presiden KSPI Riden Hatam Aziz mengatakan, selain turun massa, pihaknya hari ini akan menyampaikan petisi protes mereka terkait UU Omnibus Law ke Mahkamah Konstitusi dan Istana Negara. Riden mengklaim pihaknya nantinya akan diterima oleh perwakilan Kantor Staf Presiden (KSP).

Nyalakan Flare-Petasan, Massa Buruh Bubar dari Patung Kuda (Yogi Ernes/detikcom)

“Info yang kami dapat Sekjen yang akan terima, selesai di MK kami akan ke Istana Negara di Istana Negara kami dapat konfirmasi insyaallah bisa diterima KSP. Kami hormati nggak ada dialog kami sampaikan petisi kami terhadap UU Nomor 11 tahun 2020,” kata Riden di Kawasan Patung Kuda, pagi tadi.

(ygs/jbr)

Terima kasih telah membaca artikel

Nyalakan Flare-Petasan, Massa Buruh Bubar dari Patung Kuda