Ngeri-ngeri Sedap Celetukan Sekutu Putin saat Pelosi Kunjungi Taiwan

Jakarta

Politikus Rusia Aleksey Zhuravlyov melontarkan celetukan yang bisa membuat siapapun yang mendengarnya merasa ngeri. Sebab, kalimat celetukan Zhuravlyov itu bukan kalimat candaan.

Zhuravlyov adalah seorang politikus Rusia dari Partai Politik Rodinia. Dia merupakan sekutu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dilansir Newsweek, Jumat (5/8/2022), pernyataan itu dilontarkan saat Zhuravlyov tampil dalam acara televisi pemerintah Rusia, Rossiya-1. Celetukan itu disampaikan Zhuravlyov untuk Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi yang berkunjung ke Taiwan.


Zhuravlyov menyeletuk akan ‘baik’ bagi Moskow jika China menembak jatuh pesawat yang membawa Pelosi dan delegasinya. Dia mengatakan penembakan itu akan membuka ‘front kedua’ dalam konflik antara Putin dengan Barat.

“Akan penting bagi kita jika pesawat ini dicegat atau ditembak jatuh,” ucap Zhuravlyov merujuk pada pesawat yang ditumpangi Pelosi dan delegasinya ke Taiwan.

“Bagi kita, membuka front kedua itu bagus. Tidak peduli bagaimana situasi dengan pulau itu (Taiwan-red) berkembang, kita tetap akan menang,” imbuhnya.

“Seluruh dunia akan memahami bahwa satu-satunya negara yang bisa melawan AS adalah Rusia,” tegas Zhuravlyov.

Tanggal pasti Zhuravlyov melontarkan komentar soal pesawat Pelosi itu tidak diketahui secara jelas, namun tampaknya setelah Pelosi berkunjung ke Taiwan pada Selasa (2/8) hingga Rabu (3/8) waktu setempat. Dari Taiwan, Pelosi melanjutkan kunjungan ke Korea Selatan (Korsel) dan kini dia berada di Tokyo, Jepang.

Kunjungan Pelosi itu memicu reaksi penuh amarah dari China, yang menyebutnya provokasi besar dan menggelar latihan militer besar-besaran di sekeliling Taiwan. Pasukan China bahkan meluncurkan sejumlah rudal balistik ke perairan sekitar Taiwan dalam latihan yang dikecam AS itu.

Otoritas Rusia sebelumnya juga mengecam kunjungan Pelosi, dan berjanji mendukung China di tengah ketegangan dengan China dan Taiwan.

Belum ada tanggapan resmi dari kantor Pelosi maupun dari pemerintah Rusia soal komentar Zhuravlyov.

(zap/isa)

Terima kasih telah membaca artikel

Ngeri-ngeri Sedap Celetukan Sekutu Putin saat Pelosi Kunjungi Taiwan