NATO Mulai Kirim Jet F-16 untuk Dukung Ukraina

Jakarta

Organisasi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) mengumumkan telah mulai mengirim jet F-16 yang telah lama dijanjikan kepada Ukraina. Para pemimpin NATO bertemu untuk pertemuan puncak di Washington yang diliputi ketidakpastian politik di Amerika Serikat.

Dilansir AFP, Kamis (11/7/2024), dengan kemegahan pertemuan tiga hari di ibu kota AS, Presiden Joe Biden bertujuan untuk menggalang dukungan dari negara-negara Barat dan juga meyakinkan para pemilih AS di tengah pengawasan pra-pemilu mengenai apakah pada usia 81 tahun – enam tahun lebih tua dari aliansi tersebut – ia tetap sehat. untuk pekerjaan.

Biden secara individu menyambut 31 pemimpin aliansi lainnya sebelum mendesak mereka untuk mengimbangi produksi militer Rusia yang meningkat tajam dalam dua tahun sejak Presiden Vladimir Putin menginvasi Ukraina.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kami bisa – dan akan – mempertahankan setiap jengkal wilayah NATO dan kami akan melakukannya bersama-sama,” kata Biden kepada Dewan Atlantik Utara, badan pengambil keputusan formal aliansi tersebut, yang berkumpul di pusat konvensi ber-AC. Washington dilanda gelombang panas.

Biden mengumumkan bahwa Denmark dan Belanda telah mulai mengirim jet F-16 buatan AS ke Ukraina. Hal ini merupakan pemenuhan janji penting tahun lalu kepada Kyiv, yang telah berjuang untuk mencapai kesetaraan di udara dengan Rusia.


ADVERTISEMENT

Biden sebelumnya mengumumkan sistem pertahanan udara baru untuk Ukraina dan mengatakan Amerika Serikat telah setuju untuk menempatkan rudal jarak jauh secara berkala di Jerman.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan transfer F-16 “mengkonsentrasikan pikiran Vladimir Putin pada fakta bahwa dia tidak akan hidup lebih lama dari Ukraina, dia tidak akan hidup lebih lama dari kita dan, jika dia terus melakukannya, kerusakan yang akan terus terjadi pada Rusia dan kepentingannya. hanya akan memperdalam.”

“Cara tercepat untuk mencapai perdamaian adalah melalui Ukraina yang kuat,” kata Blinken.

(aik/aik)

Terima kasih telah membaca artikel

NATO Mulai Kirim Jet F-16 untuk Dukung Ukraina