Monitoring Pelayanan BP Batam, Ombudsman: Sudah on The Track

Jakarta

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi menerima kunjungan kerja Ombudsman RI di Marketing Centre, Batam Centre. Kunjungan ini dilakukan sebagai tindak lanjut monitoring Ombudsman RI terhadap pelaksanaan perbaikan pelayanan pengeluaran barang oleh Dirjen Bea dan Cukai di KPBPB Batam.

“Kami tadi diperlihatkan kerja cerdas BP Batam, beberapa indikator untuk meningkatkan pelayanan publik dirasakan sudah on the track, misalnya dukungan operasional Tempat Penimbunan Sementara (TPS) di Bandara dan Pelabuhan ASDP Telaga Punggur,” ungkap Anggota Ombudsman RI Yeka Hendra Fatika dalam keterangan tertulis, Jumat (28/6/2024).

Tak hanya penyediaan TPS, Ombudsman RI juga memberikan atensi dan mendorong layanan pelabuhan penumpang di Batu Ampar dengan pengalihan pelabuhan ke Dermaga Pelabuhan Bintang 99 Persada. Hal ini membuat pelayanan dan pengawasan pelayanan publik bea dan cukai di KPBPB semakin efisien dan efektif.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kemudian terkait persoalan Batu Ampar ini tinggal menunggu Pelni nya saja, tidak ada persoalan di BP Batam maupun di Bea Cukainya,” tuturnya.

“Atas dasar hari ini kami berikan apresiasi terhadap BP Batam yang telah menjalankan tugas dengan baik,” tambahnya.


ADVERTISEMENT

Sementara itu Kepala BP Batam Muhammad Rudi menyambut baik perhatian yang diberikan dari Ombudsman. Pihaknya mengaku berkomitmen memberikan kemudahan layanan berusaha, khususnya arus masuk dan keluar barang di Kota Batam.

“Kita sudah sampaikan di rapat tadi, harapannya dengan atensi yang diberikan Ombudsman RI, apa yang menjadi persoalan dapat dengan cepat diselesaikan,” ujar Rudi.

“Kalaulah semua selesai, masyarakat dan pelaku usaha akan senang begitu pun juga dengan pemerintahnya,”pungkasnya.

Sebagai informasi, dalam kesempatan ini Rudi didampingi oleh deputi dan sejumlah pejabat eselon II BP Batam. Turut serta Kepala Bea dan Cukai Batam.

(akn/ega)

Terima kasih telah membaca artikel

Monitoring Pelayanan BP Batam, Ombudsman: Sudah on The Track