Momen Presiden Israel-Palestina Saling Bicara di Sekitar Hari Idul Adha

Yerusalem

Presiden Israel Isaac Herzog dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas berkomunikasi di tengah ketegangan antara kedua negara tersebut. Melalui telepon, Isaac mengucapkan selamat atas perayaan Idul Adha kepada Abbas.

Keduanya berbicara lewat telepon pada Senin (19/7). Perbincangan ini dilaporkan media lokal Israel, The Times of Israel dan kantor berita Palestina, WAFA.

Sementara itu, percakapan telepon antara Herzog dan Abbas ini merupakan yang kedua kali dalam delapan hari terakhir. Pekan lalu, Abbas menghubungi Herzog untuk mengucapkan selamat setelah dia terpilih menjadi Presiden ke-11 Israel.

Mahmoud Abbas (Foto: REUTERS/Lucas Jackson)

Dalam percakapan telepon pekan lalu, Herzog berterima kasih kepada Abbas dan menyampaikan harapannya untuk mempertahankan komunikasi reguler antara mereka. “Untuk memajukan hubungan dan harapan perdamaian antara kedua negara yang bertetangga,” sebut Herzog saat itu.

Menhan Israel Juga Telepon Presiden Palestina

Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz, juga berbicara via telepon dengan Abbas pada awal pekan ini. Apa yang dibahas keduanya?

Gantz dan Abbas menyepakati adanya kebutuhan untuk melakukan langkah-langkah membangun kepercayaan antara Israel dan Palestina.

“Diskusinya berjalan positif dan keduanya menyebutkan perlunya untuk memajukan langkah-langkah membangun kepercayaan antara Israel dan Otoritas Palestina, yang akan menguntungkan perekonomian dan keamanan seluruh kawasan,” demikian pernyataan kantor Menhan Israel.

Disebutkan juga bahwa Gantz mengucapkan selamat Idul Adha kepada Abbas dalam percakapan telepon itu.

Baca selengkapnya di halaman berikutnya

Terima kasih telah membaca artikel

Momen Presiden Israel-Palestina Saling Bicara di Sekitar Hari Idul Adha