Menakar Peluang Prabowo di Pilpres 2024 Jika Puan Cawapresnya

Jakarta

Isu koalisi PDIP-Gerindra untuk Pilpres 2024 kembali menghangat usai pertemuan Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani dan Prabowo Subianto di Istana beberapa hari lalu. Pertemuan Megawati, Puan dan Prabowo tak jarang dikaitkan dengan kontestasi Pilpres 2024.

“Sekilas mungkin tampak kebetulan ketemu bertiga di Istana. Tapi, pertemuan tiga tokoh ini selalu dikaitkan dengan jalan panjang menuju Pilpres 2024. Tak ada tema menarik lain selain pilpres kalau sudah Megawati, Prabowo, dan Puan jumpa muka,” kata Direktur Eksekutif lembaga survei Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, kepada wartawan, Senin (22/11/2021).

Bahkan, pertemuan tersebut dianggap memperkuat sinyal bahwa Puan akan menjadi cawapres Prabowo di 2024. Bagaimana kansnya jika pasangan Prabowo-Puan menjadi kenyataan?

Menurut Adi, peluang Prabowo-Puan menang di Pilpres 2024 tergantung siapa lawan mereka. Dia menilai potensi Prabowo-Puan menang kecil jika lawan mereka setara pasangan Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno.

“Tergantung simulasi pencapresan. Kalau lawan Prabowo-Puan kuat seperti Ganjar-Sandi misalnya, berat bagi Prabowo-Puan bisa menang. Tapi kalau lawannya di pilpres seadanya, misalnya melawan ketum parpol yang ngotot maju tapi elektabilitasnya rendah, Prabowo-Puan bisa menang,” papar Adi.

Lebih lanjut Adi melihat banyak sisi positif jika PDIP dan Gerindra berkoalisi. Selain soal mesin partai yang kuat, Adi menyebut PDIP dan Gerindra juga memiliki sejumlah kader yang layak maju di 2024.

“Jika dua partai besar ini berkoalisi, tentu sangat banyak untungnya, mesin politik makin solid. Apalagi, selama 10 tahun belakangan pentas politik dikuasai oleh PDIP dan Gerindra,” tuturnya.

“Dua partai ini sama-sama surplus calon layak maju pilpres. PDIP ada Ganjar, Puan, dan Risma. Gerindra ada Prabowo dan Sandi,” lanjut Adi,

Sebelumnya, pertemuan antara Megawati, Prabowo, dan Puan itu terjadi saat pelantikan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (17/11) lalu. Foto yang menunjukkan kebersamaan ketiganya pun kemudian beredar.

Terima kasih telah membaca artikel

Menakar Peluang Prabowo di Pilpres 2024 Jika Puan Cawapresnya