Komitmen Coway: Standar Baru Air Murni & Udara Bersih di Masa COVID-19

Jakarta – Pencemaran atau polusi lingkungan bisa berakibat buruk bagi kesehatan dan juga mempengaruhi aspek-aspek lain dalam kehidupan masyarakat. Di masa new normal saat ini kebersihan udaramerupakan aspek yang sangat dibutuhkan. Apalagi dilihat dari cara penyebaran COVID-19, virus tersebut bisa menular melalui partikel kecil atau aerosol dari droplet seseorang yang berbicara, bersin, atau batuk.

Dikutip dari situs IQAir mengenai kualitas udara, pada tahun 2019 Indonesia menempati peringkat 6 dari 98 negara kualitas udara terburuk. Rata-rata Air Quality Index (AQI) Indonesia pun disebutkan sebesar 141, menunjukkan kualitas udara berwarna oranye yang artinya tidak sehat.

Saat masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) lalu, kualitas udara di Ibu Kota sempat membaik. Namun sekarang sudah mulai berangsur kembali menjadi kurang sehat. Tentunya masyarakat perlu solusi agar kualitas udara di tempat-tempat umum dapat terjaga sehingga kehidupan new normal bisa menjadi lebih aman.

Sementara untuk kualitas air di Indonesia, dilansir Statista mendapatkan indeks 51.01 yang berarti kualitas air sering mengalami gangguan dan kondisinya sering menyimpang dari batas yang diinginkan. Padahal air bersih saat ini dibutuhkan untuk melaksanakan salah satu protokol kesehatan yaitu mencuci tangan.

Bukti-bukti yang ada tersebut tentu menunjukkan masih kurangnya kepedulian terhadap peningkatan kualitas udara maupun kondisi air di Tanah Air. Melihat hal tersebut, salah satu perusahaan spesialis pemurni air dan udara di Indonesia yaitu Coway berkomitmen untuk mulai memperbaiki situasi lingkungan di Indonesia. Salah satunya adalah dengan pemanfaatan teknologi Air Purifier dan Water Purifier.

Perlu diketahui sebelumnya, Coway telah berdiri sejak tahun 1989 dan diakui sebagai salah satu produsen peralatan kesehatan rumah tangga terkemuka dan terpercaya di Republik Korea Selatan. Coway juga pernah meraih peringkat pertama di ajang Best Korea Brands 2016 dan mendistribusikan produk Air Purifier dan Water Purifier berkualitas ke sejumlah negara seperti Amerika Serikat, China, Thailand, dan Malaysia sebelum membuka bisnisnya di Indonesia tahun 2019.

Foto: Dok. Coway Indonesia

Setelah meraih pencapaian gemilang sebagai Chief Marketing Officer pertama Coway Malaysia, Presiden Direktur Coway Indonesia Andy Kim membagikan beberapa hal terkait cara membangun Coway sebagai perusahaan spesialis air dan udara di Indonesia.

Berikut ini wawancara lengkap dengan Andy Kim perihal mencari solusi dalam membantu masyarakat di Indonesia untuk mendapatkan standar baru air murni dan udara bersih:

Apa rencana Coway untuk meyakinkan masyarakat Indonesia, bahwa pemurni air dan pemurni udara Coway bisa menjadi pilihan pertama mereka untuk gaya hidup yang lebih sehat dan baik?

Pusat Litbang Coway disertifikasi oleh WQA (Asosiasi Kualitas Air, AS) sebagai laboratorium pengujian yang diakui, yang menjalankan uji efisiensi dan keselamatan bahkan 1 juta kali oleh 82 perangkat mutakhir, dan pusat Litbang kami ditunjuk oleh TÜV SÜD, salah satu organisasi layanan teknis terkemuka di dunia, untuk menjalankan analisis mandiri dan menguji produk listrik dan elektronik RoHS (Pembatasan Zat Berbahaya.

Layanan Coway Lady (CODY) akan memaksimalkan gaya hidup pelanggan Coway jadi lebih baik. CODY adalah staf layanan terlatih yang akan mengunjungi tempat pelanggan setiap 2 bulan dan memeriksa produk, membersihkan dan mengganti filter, dan pencegahan masalah lainnya.

Di Indonesia, terdapat kekhawatiran yang tinggi bahwa penjernih air tidak dapat menyaring air mentah. Apa strategi dan ide utama Coway untuk mengubah gaya berpikir masyarakat dan cara mengatasinya?

Menurut penelitian Coway di Korea, kualitas air mentah Jakarta paling buruk di antara negara-negara yang sejauh ini dimasuki Coway. Jadi kami sangat prihatin juga, dan kami juga telah melakukan banyak penelitian serta pengujian sebelumnya. Pusat Litbang Coway, yaitu pusat penelitian air dan udara terbesar di Korea, juga telah mengumpulkan air mentah dari lebih dari seratus tempat di Jakarta, termasuk rumah, pusat perbelanjaan, dan gedung. Serta melakukan analisis kualitas air dan pengujian produk selama hampir satu tahun.

Dan hasilnya adalah struktur sistem filter Coway RO (Reverse Osmosis) dan pemurni air Coway sudah sesuai untuk penggunaan lokal. Sementara itu, kami menyediakan layanan analisis kualitas air murni melalui Pusat Analisis Kualitas Air IPB (Institut Pertanian Bogor) untuk konsumen Indonesia yang masih memiliki ketidakpercayaan terhadap air mentah seperti air ledeng tersebut.

Komitmen Coway: Standar Baru Air Murni & Udara Bersih di Masa COVID-19 Foto: Dok. Coway Indonesia

Produk Air Purifier dan Water Purifier Coway manakah yang menjadi pilihan masyarakat di masa new normal dan PSBB saat ini?

Dalam PSBB, yang paling laris adalah STORM (AP-1516D) sebagai Air Purifier. Produk ini memiliki kapasitas pemurnian udara 49,5 m2, dan mampu menyaring hingga 0,001 mikrometer partikel super mikro di udara, menjadikannya populer tidak hanya untuk konsumen umum, tetapi juga untuk kantor, restoran, dan fasilitas lainnya.

Water Purifier, OMBAK (CHP-7310R) dan CORE (CHP-671R) adalah terfavorit. Pengguna dapat memilih berbagai suhu air dan jumlah jumlah air yang dibutuhkan, dan ada fungsi Sterilisasi UV di OMBAK. CORE adalah tipe free-standing dan memiliki kapasitas besar 21L, sehingga keluarga besar dan pekerja kantoran senang menggunakannya.

Selain pengembangan dan riset (R&D), apa misi dan visi Coway untuk masyarakat Indonesia?

Coway adalah perusahaan yang percaya pada kebaikan, dan sebagai perusahaan life care kami berkeinginan untuk menghadirkan produk yang berkualitas, menciptakan lingkungan yang sehat untuk generasi sekarang dan mendatang.

Komitmen Coway: Standar Baru Air Murni & Udara Bersih di Masa COVID-19 Foto: Dok. Coway Indonesia

Sebagai Chief Marketing Officer Coway Malaysia pertama yang mendulang kesuksesan dan Presiden Direktur Coway Indonesia pertama, tentu Anda memiliki kisah spesial dan berperan sebagai pionir di pasar Tanah Air. Apa determinasi yang Anda miliki untuk memimpin Coway Indonesia?

Menurut saya, kesuksesan Coway Malaysia dimungkinkan karena ada kepemimpinan yang hebat dari presiden direktur pertama, Jame Park (yang saat ini menjabat sebagai Presiden Divisi Coway Global) dan kerja tim yang solid yang kami miliki saat itu.

9 tahun pengalaman saya di Coway Malaysia membawa saya ke tempat ini di Indonesia, dan memang beban mentalnya tidak sedikit. Tampaknya Malaysia dan Indonesia serupa dalam banyak hal, tetapi saya yakin kedua negara ini memiliki aspek dan pasar yang sama sekali berbeda.

Coway ingin melayani masyarakat Indonesia dengan produk dan layanan terbaik. Coway juga menilai banyak tenaga medis seperti dokter dan perawat yang berjuang melawan Corona dan hal itu sangat berisiko. Kami ingin menyediakan udara bersih dan aman di rumah sakit. Oleh karena itu, lebih dari 100 pembersih telah disumbangkan ke 8 rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta dan 4 di Medan.

Coway meluncurkan beberapa bisnis di negara Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Indonesia, dan Vietnam. Apa alasan utama Coway memilih Indonesia setelah 10 tahun mendapatkan sukses di pasar Malaysia?

Ini adalah cabang luar negeri pertama yang didirikan sekitar 10 tahun setelah dimulainya Coway Malaysia. Pada 2 tahun terakhir, kami melakukan riset pasar di Indonesia dan Vietnam, dan akhirnya memilih Indonesia bukan hanya karena kemajuannya dalam hal tingkat pendapatan, ukuran pasar, dan sistem bisnis Direct Sales yang baik, tetapi juga meningkatnya minat masyarakat Indonesia terhadap gaya hidup sehat.

Apa yang menjadi rencana Coway untuk melakukan ekspansi bisnis selanjutnya di Indonesia?

Pertama-tama, saat ini kita sedang membangunan infrastruktur untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen di Indonesia. Tahun ini servis Coway sudah menjangkau seluruh wilayah Jabodetabek dan berekpansi ke kota Medan serta Bandung. Kami berharap Coway bisa menjangkau ke seluruh kota besar di Indonesia tahun depan, dan mencapai lebih dari 1 juta pelanggan dalam kurun waktu 5 tahun serta dicintai sebagai perusahaan spesialis Air Purifier dan Water Purifier No.1 di Indonesia.

Apakah ada harga lokal khusus untuk para konsumen di Indonesia?

Kami juga memikirkan tentang bagaimana kami dapat menyediakan skema cara pembayaran yang ekonomis. Jadi, kami memperkenalkan cicilan 36 bulan 0%. Paket ini sudah termasuk semua biaya tentang instalasi, perawatan, sanitasi, penggantian filter, dan layanan purna jual selama 36 bulan.

Melalui program harga & layanan khusus ini, Coway menekankan bahwa konsumen Indonesia dapat menikmati air dan udara bersih dengan tenang dan harga yang terjangkau. Apalagi, dalam kondisi COVID19, cukup banyak konsumen Indonesia yang memilih Coway karena mendukung gaya hidup higienis. Kami berharap dapat terus berjuang untuk menjadikan dunia lebih baik, tempat yang lebih bersih dan aman, terutama di Indonesia. Ini adalah visi kami. Impian kami. Ikrar kami. (adv/adv)

Terima kasih telah membaca artikel

Komitmen Coway: Standar Baru Air Murni & Udara Bersih di Masa COVID-19