Ketua Peradi Firmanto Laksana Dikukuhkan Jadi Guru Besar Kehormatan Unissula

Semarang

Ketua Bidang Pendidikan Profesi Advokat, Sertifikasi, dan Kerjasama DPN PERADI, Firmanto Laksana, dikukuhkan sebagai guru besar kehormatan Unissula, Semarang. Firmanto merupakan salah satu tim kuasa hukum Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Capres-cawapres terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Setelah kita mendapatkan gelar profesor kehormatan ini, ini harus memicu kita terus berkontribusi untuk memberikan ide-ide segar ide-ide yang baru untuk perkembangan dan pembangunan Indonesia. Memberikan solusi, memberikan kontribusi untuk menyelesaikan permasalahan di masyarakat,” kata Firmanto usai dikukuhkan sebagai guru besar Unissula, Semarang, dilansir detikJateng, Sabtu (6/7/2024).

Menantu Otto Hasibuan itu menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul Pencegahan Konflik Tanah Ulayat di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam Perspektif Hukum. Dia mengaku tertarik dengan IKN yang akan menjadi role model pembangunan di wilayah lain.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Bahwa IKN adalah suatu proyek pembangunan daerah yang berkelanjutan yang terintegrasi dengan teknologi dan nantinya menjadi benchmark, menjadi contoh ke depan jadi ketika suatu daerah itu telah dibangun kemudian harmonis, penataannya dengan baik maka akan mudah daerah-daerah. Ini akan menjadi tolok ukur, benchmark, untuk perbandingan dalam menyelesaikan permasalahan ataupun potensi konflik yang harus diselesaikan segera sedini mungkin supaya menghindari adanya konflik,” jelasnya.

Firmanto merupakan pengacara di Kantor Hukum Otto Hasibuan & Associate. Dia, juga merupakan suami dari Putri Hasibuan yang merupakan anak dari Otto Hasibuan. Ayah tiga anak itu lahir di Jakarta pada 12 Agustus 1976. Dia lahir dari pasangan C Pangaribuan Dan T Pasaribu.


ADVERTISEMENT

Firman tercatat sebagai salah satu tim kuasa hukum Jokowi dan Prabowo-Gibran. Firman juga aktif di DPN PERADI.

Simak selengkapnya di sini.

Saksikan juga ‘KuTips: Bimbingan Lancar, Skripsian Tenang’:

Cek Video di 20 Detik(.)com

(haf/idh)

Terima kasih telah membaca artikel

Ketua Peradi Firmanto Laksana Dikukuhkan Jadi Guru Besar Kehormatan Unissula