Kemen PPPA: Perlu Pemberatan Pidana terhadap Pemerkosa 2 Bocah di Padang

Jakarta

Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Nahar meminta adanya pemberatan hukuman pidana terhadap para pelaku pemerkosaan terhadap dua anak di Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Sebab, pelaku yang merupakan kerabat korban seharusnya memberikan rasa aman kepada korban.

“Pemberatan pidana terhadap pelaku harus diaplikasikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” kata Nahar di Jakarta, seperti dilansir Antara, Jumat (19/11/2021).

Nahar mengatakan pihaknya miris dan prihatin atas kasus tersebut. Dia menekankan bahwa keluarga harusnya memberikan pengasuhan kepada korban.

“Keluarga seharusnya memberikan pengasuhan, pengayoman, dan perlindungan pada anak. Dalam kasus ini, kakek, paman, dan kakak korban malah menjadi pelaku utama yang melakukan kekerasan seksual terhadap anak,” katanya.

Sementara itu, Kemen PPPA memberikan apresiasi atas respons cepat Kapolresta Padang Kompol Rico Fernanda beserta jajaran karena telah menangkap lima pelaku. Sebanyak dua pelaku lainnya masih diburu.

“Kami meminta agar aparat penegak hukum dapat memberikan hukuman sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Nahar.

Nahar menyebut, jika memenuhi unsur pidana persetubuhan, pelaku dapat dikenakan Pasal 81 Perpu Nomor 1 Tahun 2016 yang telah ditetapkan menjadi UU 17 Tahun 2016 karena tersangka adalah keluarga/wali anak korban dan anak pelaku sehingga pidananya dapat diperberat.

Berdasarkan Pasal 81 Ayat (7) pelaku dapat dikenai tindakan berupa kebiri kimia dan pemasangan alat pendeteksi elektronik, sedangkan pelaku yang masih di bawah umur berhak untuk mendapatkan perlindungan khusus sesuai amanat UU SPPA (Sistem Peradilan Pidana Anak).

“Kami akan terus mengawal (penanganan) kasus ini hingga tuntas, mulai dari proses hukum anak pelaku hingga pendampingan korban agar tidak menyisakan trauma di kemudian hari,” kata dia.

Terima kasih telah membaca artikel

Kemen PPPA: Perlu Pemberatan Pidana terhadap Pemerkosa 2 Bocah di Padang