Kasus Positif COVID-19 di Ciamis Bertambah 4, Satu di Antaranya Nakes

Ciamis

Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Ciamis bertambah empat orang, Rabu (16/9/2020) kemarin. Mereke dinyatakan positif berdasarkan hasil tes swab masif.

Sementara itu, berdasarakan data yang ada total di Ciamis ada 46 kasus positif COVID-19 dengan rincian, 33 orang sembuh, 2 meninggal dan 11 orang menjalani isolasi mandiri dan perawatan di RSUD Ciamis.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Ciamis Bayu Yudiawan mengatakan penambahan pasien COVID-19 ini setelah adanya masif test dengan sasaran komunitas dan perkantoran.

“Untuk empat yang positif ini dari Kecamatan Rancah. Sehingga untuk kasus baru ini banyak dari perkantoran. 1 tenaga kesehatan, 1 pendidikan tapi bukan guru, 1 aparatur desa, dan 1 aparat,” ujar Bayu kepada detikcom, Kamis (17/9/2020).

Bayu menyatakan untuk 4 pasien positif Corona ini belum diklasifikasikan sebagai klaster. Karena faktor determinan dan keterkaitan kasus berbeda. Artinya terpapar secara sporadis.

Kondisi pasien 2 orang menjalani isolasi mandiri di rumahnya, sedangkan 2 orang kini di rawat di RSUD Ciamis. Bayu juga menegaskan empat pasien tersebut bukan satu keluarga.

Gugus Tugas Ciamis kini terus melakukan tracking dan tracing terhadap orang-orang yang sempat kontak erat dengan pasien. Bayu belum bisa memastikan asal pasien bisa terpapar COVID-19.

“Memang saat ini ada peningkatan seiring dengan tes masif yang dilakukan. Kami tak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, pakai masker. Sekarang ada operasi yustisi diharapkan masyarakat bisa lebih disiplin lagi, karena pandemi masih ada,” ujarnya.

(mso/mso)

Terima kasih telah membaca artikel

Kasus Positif COVID-19 di Ciamis Bertambah 4, Satu di Antaranya Nakes