Gerindra Apresiasi Projo, Harap Prabowo Bisa Jadi Suksesor Jokowi

Jakarta

Ketua Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi menilai Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto capres yang paling pasti dengan dasar alasan komitmen hingga kinerja selama menjadi salah satu menteri Jokowi. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengapresiasi pernyataan Projo.

“Jadi gini kami juga apresiasi statement-statement positif tentang Pak Prabowo, tapi memang apa yang disampaikan itu memang begitulah adanya,” kata Dasco saat dihubungi, Rabu (3/8/2022).

Dasco mengatakan Prabowo memang berkomitmen untuk mewujudkan janji kampanye dalam konteks bidang pertahanan dan kelautan. Namun Prabowo disebut belum memulai kampanye terkait kontestasi Pilpres 2024.


“Oleh karena itu komitmen itu ditunjukkan dalam kinerja, ya. Pak Prabowo juga belum memulai kampanye walaupun karena komit jalankan tugas sebagai pembantu Presiden,” ucapnya.

Soal adanya sinyal Jokowi dukung Prabowo, Dasco menyebut Gerindra juga berharap demikian. Dia berharap Prabowo bisa menjadi suksesor atau pegganti Jokowi.

“Ya kalau soal Pak Jokowi mendukung Pak Prabowo sebagai suksesornya itu kita belum tahu, tapi kita berharap ya mudah-mudahan bisa demikian,” ujar dia.

Lebih lanjut, Dasco juga menjawab soal Prabowo dianggap capres yang paling pasti. Wakil Ketua DPR RI ini berpandangan hal itu karena Prabowo merupakan figur yang diusung capres dari partainya sendiri.

“Iya mungkin dilihat capres, ini kan baru calon presiden paling pasti ya karena saat ini yang baru men-declare-kan capres dari partai. Yang punya partai ya Partai Gerindra, artinya kan ini baru calon presiden paling pasti karena partainya ada dan mencalonkan, itulah kira-kira,” tuturnya.

Sebelumnya, Budi Arie Setiadi menyebut Prabowo Subianto adalah capres yang paling pasti. Apakah ini sinyal baru arah dukungan Jokowi kepada capres 2024?

“Pak Prabowo itu capres yang pasti, karena yang memenuhi syarat menjadi capres kuat ya Pak Prabowo,” kata Budi Arie kepada detikcom, Rabu (3/8).

Budi Arie lantas mengungkap beberapa alasan Prabowo menjadi capres yang disebutnya paling pasti. Pertama tentang posisi Prabowo sebagai Ketua Umum Partai Gerindra.

“Pertama, memiliki Partai Gerindra, jauh lebih mudah mendapatkan tiket capres karena hanya perlu satu partai koalisi,” kata Budi Arie.

Kedua, Prabowo dinilai sebagai menteri yang loyal dan patuh pada arahan presiden. Berikutnya, Prabowo juga menunjukkan komitmen penuh mengawal program Presiden Jokowi ke depan.

“Pak Prabowo ini punya komitmen yang serius melanjutkan program-program Pak Jokowi, khususnya IKN. Pak Prabowo juga memiliki pengalaman sebagai Menhan dan berkomitmen untuk membangun postur pertahanan yang baik bagi Indonesia,” kata Budi Arie.

Berikutnya, ia menyebut Prabowo punya popularitas yang sangat tinggi. Popularitas yang tinggi dinilai menjadi salah satu syarat penting bagi capres.

“Keempat, Pak Prabowo memiliki popularitas yang tinggi di masyarakat dan yang kelima Pak Prabowo sekarang tidak menunjukkan ambisi kekuasaan fokus kerja sebagai menteri dan ikut 100 persen arahan Pak Jokowi,” katanya.

(maa/fca)

Terima kasih telah membaca artikel

Gerindra Apresiasi Projo, Harap Prabowo Bisa Jadi Suksesor Jokowi