Gempar Kafe di Atas Saluran Air Kemang Akhirnya Bakal Dibongkar

Jakarta

Ibu kota Jakarta digemparkan dengan adanya sederet kafe di Kemang Utara yang dibangun di atas saluran air. Setelah melalui proses yang cukup panjang, pemilik kafe pun akhirnya bersedia untuk membongkar bangunan kafenya itu sendiri.

Kafe yang dibangun di atas saluran air ini mulanya ketahuan saat Lurah Bangka Firdaus Aulawy Rois menerima aduan dari masyarakat. Pemerintah Kota pun bergerak dan akan menindak bangunan-bangunan tersebut.

“Akan ada penindakan sampai saat ini sedang dilaksanakan rapat-rapat persiapan,” kata Firdaus, kepada wartawan, Selasa (16/11).

Dia menuturkan soal kafe di atas saluran air ini juga akan dilaporkan ke Gubernur DKI Anies Baswedan. Dari laporan warga, bangunan disebut berpotensi menyebabkan banjir.

“Dari laporan ditulis bahwa berpotensi menyebabkan. Tentu di rapat ini selain survei di lapangan, apakah benar itu menyebabkan banjir,” sambungnya.

Ada 5 Bangunan

Firdaus mengatakan ada lima bangunan berderet di atas saluran air. Dua di antaranya difungsikan sebagai kafe.

“Ada bangunan di atas saluran air benar. Ada lima bangunan kemudian yang terisi satu dan sekarang difungsikan sebagai kafe benar,” kata Firdaus.

Firdaus menuturkan bangunan tersebut sudah berdiri sejak 2007. Pantauan di lokasi, dari lima bangunan yang berdiri di atas saluran air itu, dua difungsikan sebagai kafe, dan ada satu bangunan yang belum terisi.

Diduga, banyaknya bangunan yang melanggar aturan di wilayah Bangka ini menjadi penyebab wilayah ini sering kebanjiran.

“Di rapat ini selain survei di lapangan, apakah benar itu menyebabkan banjir,” ujar Firdaus.

Terima kasih telah membaca artikel

Gempar Kafe di Atas Saluran Air Kemang Akhirnya Bakal Dibongkar