Gempa Susulan M 4,1 di Cianjur, Warga-Pengungsi Berlarian Selamatkan Diri

Gempa Susulan M 4,1 di Cianjur, Warga-Pengungsi Berlarian Selamatkan Diri

Jakarta

Gempa susulan magnitudo (M) 4,1 mengguncang Cianjur, Jawa Barat. Warga, terutama yang berada di tempat pengungsian berhamburan menyelamatkan diri.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi pukul 01.44 WIB, Jumat (25/11/2022). Titik koordinat gempa tersebut berada di 6,89 lintas selatan dan 107,05 bujur timur atau 12 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa tersebut sangat terasa di kawasan Kecamatan Cugenang, Cianjur. Sejumlah wilayah Kabupaten Cianjur, termasuk wilayah perkotaan pun turut merasakan getaran gempa tersebut.


Pantauan detikcom, para pengungsi di Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, yang tengah tertidur langsung berhamburan keluar tenda pengungsian usai gempa. Tampak para pengungsi memadati lapang terbuka hingga jalan untuk menghindari bangunan ambruk akibat gempa.

“Tadi terasa guncangannya. Saya kebetulan sedang bagian jaga malam, langsung membangunkan keluarga dan warga lainnya karena khawatir ada bangunan ambruk lagi,” ucap Dadan (35), pengungsi Desa Gasol.

Dia mengatakan sejak hari pertama gempa, warga terus dihantui gempa susulan mulai dari guncangan kecil hingga kekuatan yang cukup besar.

“Tidur tidak tenang, karena terus-terusan gempa susulan. Bahkan dari pukul 12 malam tadi sampai pukul 02.00 WIB, terasa empat kali gempa susulan,” katanya.

(fas/fas)

Terima kasih telah membaca artikel

Gempa Susulan M 4,1 di Cianjur, Warga-Pengungsi Berlarian Selamatkan Diri