Gempa M 4.1 Bangkalan Terasa hingga Surabaya Tak Berpotensi Tsunami

Surabaya

Gempa magnitudo 4.1 mengguncang Bangkalan, Madura hingga terasa di Surabaya. Gempa Bangkalan ini tidak menimbulkan tsunami.

“Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala Stasiun Geofisika BMKG Tretes, Kabupaten Pasuruan, Djati Cipto Kuncoro, Sabtu (15/1/2022).

Djati juga menambahkan tidak ada laporan terkait gempa susulan.

“Hingga hari Sabtu, 15 Januari 2022 pukul 15.56 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock,” imbuhnya.

Selain itu, Djati memaparkan gempa ini merupakan gempa bumi dangkal akibat patahan lokal RMKS atau Rembang-Madura-Kangean-Sakala Fault.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat patahan lokal RMKS Fault,” imbuh Djati.

Gempa ini terjadi pukul 15:18:09 WIB. Getaran gempa berkekuatan III MMI terasa di Bangkalan. Sementara getaran II MMI atau getaran yang bisa membuat benda bergoyang, dirasakan di Juanda, Surabaya Timur, Surabaya Utara, Bangkalan dan Sumenep.

Diketahui, titik gempa berada pada koordinat 7.25 Lintang Selatan dan 112.92 Bujur Timur tepatnya 23 km Tenggara Bangkalan. Tak hanya itu, gempa ini terjadi pada kedalaman 14 km.

(hil/fat)

Terima kasih telah membaca artikel

Gempa M 4.1 Bangkalan Terasa hingga Surabaya Tak Berpotensi Tsunami