Gempa Cianjur, Tim SAR Gabungan Teruskan Pencarian 14 Warga Hilang

Gempa Cianjur, Tim SAR Gabungan Teruskan Pencarian 14 Warga Hilang

Jakarta

Tim SAR Gabungan kembali melanjutkan pencarian korban di hari ke 7 pasca gempa Cianjur. Pencarian dilakukan terhadap 14 warga yang masih hilang.

Area pencarian masih dibagi menjadi 3 worksite, yaitu worksite Warung Sate Shinta, worksite Cijedil, dan worksite di Kp Cicadas. Di lokasi ini disebut masih ada laporan warga yang hilang.

Kepala Kantor SAR Bandung selaku SAR Misson Coordinator Jumaril, menyebut pencarian dilakukan dengan memaksimalkan seluruh personel yang ada baik internal Basarnas ataupun potensi SAR/relawan. Selain itu tim disebut masih memberdayakan anjing pelacak untuk melakukan deteksi serta penggunaan life detector.


Ia juga menyebut Tim SAR Gabungan diharapkan bisa memaksimalkan alkon dan alat berat pada operasi SAR. Tim SAR Gabungan disebut mengalami kendala saat evakuasi yaitu terkait cuaca dan gempa susulan yang masih terjadi.

Mengatasi hal ini Basarnas menempatkan safety officer di setiap site untuk memantau pergerakan. Tidak hanya itu, Jumaril menghimbau kepada seluruh Tim SAR Gabungan untuk memperhatikan kondisi fisik.

“Jika sudah lelah agar beristirahat, kita didukung oleh tim medis baik dokter atau perawat bagi seluruh tim SAR yang poskonya berada di Posko SAR Gabungan,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Minggu (27/11/2022).

Selain pencarian korban, pemberian logistik berupa terpal, paket keluarga, paket balita, beras, dan air mineral juga dikirimkan ke Kp. Cikadal, Desa Nyalindung, Kecamatan Cugenang.

Berikut update status korban berdasarkan data Posko Utama:
Luka-luka: 7.729 orang
Mengungsi: 73.693 orang
Meninggal dunia: 318 Orang
Dalam pencarian: 14 orang

(dwia/gbr)

Terima kasih telah membaca artikel

Gempa Cianjur, Tim SAR Gabungan Teruskan Pencarian 14 Warga Hilang