Gelar Vaksinasi Door to Door, Kepala BIN: Sesuai Arahan Presiden

Bandung Barat

Badan Intelijen Negara (BIN) blusukan ke kawasan permukiman padat penduduk di Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19, Minggu (18/7/2021).

Vaksinasi COVID-19 door to door tersebut sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo. Salah satu alasannya yakni persentase vaksinasi di permukiman padat penduduk termasuk di Desa Mekarsari masih rendah.

Kepala BIN Jenderal Pol Purn Budi Gunawan meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi door to door tersebut. Pihaknya menyebut ada 2 ribu warga yang ditargetkan menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama tanpa perlu berkerumun di satu tempat.

“Vaksinasi door to door kepada masyarakat di lingkungan padat penduduk kita terus lakukan sesuai arahan Presiden (Jokowi). Kita tahu klaster rumah tangga meningkat sangat tajam apalagi di daerah zona hitam seperti Jawa Barat. Hari ini kita target 2 ribu orang divaksinasi,” ungkap Budi Gunawan kepada wartawan usai peninjauan vaksinasi door to door.

Budi mengakui jika permukiman padat penduduk masih minim terjangkau vaksinasi karena keterbatasan akses. Ditambah saat ini pemerintah tengah memberlakukan PPKM Darurat sehingga masyarakat takut keluar rumah dan berkerumun.

“Ternyata program vaksinasi door to door ini paling efektif bisa menjangkau sampai 69-70 persen masyarakat secara keseluruhan. Kita adopsi ini dari beberapa negara seperti Mozambik sampai Amerika. Kita mencontoh itu dan akan terus berlanjut,” ucap Budi.

Selain di Desa Mekarsari, Bandung Barat, pihaknya juga melakukan vaksinasi door to door di lima provinsi lainnya, yakni Jawa Tengah, Banten, Kalimantan Timur, Riau, dan Sulawesi Selatan.

“Kita tahu ini daerah (provinsi) spot hitam tapi angka vaksinasinya masih minim. Besok juga kita lakukan vaksinasi di sekolah-sekolah di Jawa Barat seperti di Cimahi, Kabupaten Bandung, Bogor, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, dan Makassar,” ujar Budi.

(mso/mso)

Terima kasih telah membaca artikel

Gelar Vaksinasi Door to Door, Kepala BIN: Sesuai Arahan Presiden