Ganjar: Saya Tak Yakin 10 Lulusan Terbaik Kampus Mau Jadi Guru atau Dosen

Jakarta

Bacapres Ganjar Pranowo menyinggung soal kesejahteraan tenaga pendidik di Indonesia. Karena itu, ganjar menyebut lulusan terbaik 10 perguruan negeri di Indonesia jarang yang memilih menjadi dosen atau guru.

Hal tersebut diucapkan Ganjar dalam acara Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia bertajuk ‘Ganjar Jawab Tantangan Masa Depan Indonesia’ di The Ballroom XXI Djakarta Theater, Jakarta Pusat Minggu (17/9/2023). Ganjar pun menyebut kebanyakan mereka akan memilih bekerja di BUMN atau perusahaan swasta.

“Saya tidak yakin, apakah 10 lulusan terbaik dari perguruan tinggi kita, mau jadi dosen. mau jadi guru, saya tidak yakin,” ungkap Ganjar dalam paparannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Pasti maunya kerja di BUMN, betul nggak? perusahaan swasta besar, betul nggak?” tambahnya.

Lebih lanjut, Ganjar mengungkap alasan dari ucapannya mengapa banyak lulusan perguruan tinggi terbaik tak memilih menjadi tenaga pendidik. Menurutnya itu karena masalah gaji.

“Kenapa pilihannya hanya pada dua ini? Cuan, cuan, gaji besar,” ungkapnya.

Padahal, kata dia, peran tenaga pengajar menjadi penting untuk memajukan Indonesia ke depannya. Untuk itu, dia mengatakan, tenaga pendidik harus diberikan pendapatan yang baik.

“Dan itu hanya bisa dilakukan dengan sekolah yang baik, kalau gurunya pendapatnya baik, jadi kalau gurunya gajinya seperti gaji BUMN seperti perusahaan swasta,” tuturnya

(azh/azh)

Terima kasih telah membaca artikel

Ganjar: Saya Tak Yakin 10 Lulusan Terbaik Kampus Mau Jadi Guru atau Dosen