Direksi Pertamina Borong Sejumlah Penghargaan di 2 Ajang Internasional

Jakarta

PT Pertamina (Persero) meraih sejumlah penghargaan di 2 ajang internasional yang diselenggarakan di Hong Kong dan Manila pada Juni 2024. Penghargaan ini diraih oleh jajaran Direksi Pertamina.

Diketahui, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mendapatkan predikat Asia’s Best CEO di Asian Excellence Award 2024. Sementara itu, Direktur Keuangan Pertamina (Persero) Emma Sri Martini meraih Asia’s Best CFO pada Asian Excellence Award di Hong Kong dan Most Innovative Leader of the Year di Stevie Awards 2024 di Manila.

“Ini adalah ke sekian kalinya Pertamina mendapatkan pengakuan dari Asian Excellence Award yang diselenggarakan oleh Corporate Governance Asia. Sementara untuk Stevie Awards, kita baru pertama kali ikut di tahun ini,” ujar VP Investor Relations PT Pertamina (Persero) Juferson V. Mangempis dalam keterangan tertulis, Rabu (3/7/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Juferson menambahkan Pertamina juga mendapatkan penghargaan sebagai Best Investor Relations Energy Company, Best Investor Relations Professional, dan Sustainable Asia Awards & Asia’s Best CSR pada ajang penghargaan yang diselenggarakan di di Hong Kong.

Sedangkan pada Stevie Awards 2024, Pertamina mendapatkan penghargaan dalam kategori Innovative Achievement in Finance – Silver dan Innovation in Other Types of Publication – Bronze atas keterbukaan informasi terhadap investor.


ADVERTISEMENT

Menurut Juferson, penghargaan ini menjadi salah satu cara bagi Pertamina untuk melihat ekspektasi, investor khususnya, terhadap Top Manajemen di Perusahaan. Serta melihat kinerja perusahaan khususnya di Sektor Keuangan, Investor Relations, dan Sustainability.

“Hal ini merupakan salah satu benchmark dan sekaligus apresiasi dari para pemangku kepentingan internasional, khususnya investor yang memang menjadi juri di dua event ini,” terangnya.

Ia menilai pencapaian ini juga tidak terlepas dari strategi komunikasi yang efektif dan komitmen yang teguh terhadap transparansi dan keunggulan yang dilakukan oleh Pertamina.

“Dan tentunya termasuk tim Investor Relations Pertamina Grup yang secara konsisten menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam membina hubungan yang kuat dengan para pemangku kepentingan dan komunitas investasi, sehingga meningkatkan reputasi dan kepercayaan di tingkat global,” paparnya.

Sementara itu, VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso menyebut pengakuan dari institusi internasional menunjukkan Pertamina telah sejalan dengan visi perusahaan dan strategi Kementerian BUMN yaitu Go Global dalam menjalankan bisnisnya.

“Penghargaan dari Asian Excellence Award dan Stevie Awards ini menjadi bukti kuat bahwa Pertamina memiliki reputasi yang diakui di kancah internasional,” ujar Fadjar.

Untuk diketahui, Corporate Governance Asia sebagai penyelenggara Corporate Governance Asia: Asian Excellence Award merupakan lembaga yang menyediakan berita dan analisis mengenai isu-isu tata kelola perusahaan, kinerja dewan direksi, dan aktivitas pemegang saham berbasis di Hong Kong.

Sementara itu, Stevie Awards adalah sebuah penghargaan yang mengakui pencapaian dan kontribusi positif dari organisasi dan para profesional di sektor keuangan di seluruh dunia yang berbasis di Amerika Serikat.

(akn/ega)

Terima kasih telah membaca artikel

Direksi Pertamina Borong Sejumlah Penghargaan di 2 Ajang Internasional