Dibuka Akhir Maret, TPU Rorotan Sudah Terisi 200 Jenazah COVID-19

Jakarta

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan pihaknya telah menyiapkan 2 hektare untuk lokasi permakaman COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan, Jakarta Utara. Hingga saat ini, tercatat ada 200 jenazah yang dimakamkan di TPU Rorotan.

“Dari 2 hektare sudah siap 3 ribuan. Saat ini sudah terpakai 200 (makam) lah. Masih banyak, mudah-mudahan ketersediaannya tidak terpakai,” kata Suzi kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (4/5/2021).

Suzi menerangkan petak makam khusus COVID-19 ini bersifat situasional. Jika masih banyak petak makam yang tidak terpakai, kata Suzi, akan dialihkan kembali untuk pemakaman non-COVID-19.

“Dialihin untuk umum. Kan angka kematian selain COVID ada yang lain, ada manula dan lain-lain. Jadi masih membutuhkan makam,” tuturnya.

Diketahui, TPU Rorotan sudah difungsikan untuk tempat pemakaman khusus jenazah pasien COVID-19. TPU Rorotan diutamakan untuk jenazah pasien COVID yang ber-KTP DKI Jakarta.

“Diutamakan khusus jenazah COVID-19 yang ber-KTP DKI Jakarta terlebih dahulu karena kondisinya darurat mengingat keterbatasan lahan pemakaman COVID-19 di wilayah DKI Jakarta,” kata Plt Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota Kota Administrasi Jakarta Utara, Mila Ananda, dalam keterangan pers tertulis, Senin (29/3).

Mila menerangkan ada 1.500 petak makam yang akan disiapkan pada tahap awal ini. Sejak Jumat (26/3), TPU Rorotan sudah menerima beberapa jenazah pasien COVID-19 dan telah menjalani perawatan di rumah sakit.

“TPU Rorotan mulai menerima pelayanan pemakaman. Sudah dua jenazah yang dimakamkan dan ada satu jenazah lagi yang akan dimakamkan namun masih di perjalanan. Ketiga jenazah itu merupakan pasien COVID-19 yang sudah menjalani perawatan di rumah sakit,” kata Mila.

Kendati demikian, Mila mengatakan pembangunan untuk TPU Rorotan masih terus dilakukan sampai saat ini. Dari akses jalan masuk hingga lampu penerangan di sekitar lokasi.

“Semuanya masih dipersiapkan secara bertahap termasuk akses jalan masuk, lampu penerangan dan sebagainya. Tahap awal, lahan pemakaman COVID-19 yang disediakan sekitar 2 hektare dan itu masih dikerjakan,” ujarnya.

(whn/jbr)

Terima kasih telah membaca artikel

Dibuka Akhir Maret, TPU Rorotan Sudah Terisi 200 Jenazah COVID-19